Kabupaten Bandung Barat Perpanjang PSBB hingga 2 Juni 2020, Perketat Pengawasan di Tingkat RW

- 21 Mei 2020, 09:04 WIB
KEMACETAN di Jalan Setiabudi, Kota Bandung menuju Lembang, Senin 30 Desember 2019.* RIO RIZKY PANGESTU/PIKIRAN RAKYAT

PIKIRAN RAKYAT - Menyusul pernyataan resmi dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil terkait perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di 27 kota kabupaten di Jawa Barat secara proporsional, Kabupaten Bandung Barat segera mengumumkan tanggal dimulainya perpanjangan PSBB.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Bandung Barat, Agus Ganjar Hidayat menyatakan bahwa PSBB di Kabupaten Bandung Barat akan dimulai pada 20 Mei 2020 hingga 2 Juni 2020 mendatang.

Tanggal yang dirilis oleh Kabupaten Bandung Barat sedikit berbeda dengan waktu perpanjangan PSBB Jawa Barat, di mana PSBB diperpanjang sejak 20 Mei 2020 dan berakhir lebih awal, pada 29 Mei 2020.

Baca Juga: PSBB Jabar: Kabupaten Bandung Barat Masuk Zona Biru, Kegiatan Ekonomi Jalan 90 Persen

PSBB kali ini merupakan PSBB ketiga bagi Kabupaten Bandung Barat yang kini telah dikategorikan sebagai wilayah level dua atau zona biru, di mana kegiatan ekonomi boleh dilakukan 90 persen.

Kendati telah dilakukan sebanyak tiga kali, yakni terhitung dari PSBB Bandung Raya pada 22 April yang berakhir 6 Mei 2020, dilanjut dengan PSBB Jawa Barat hingga 19 Mei 2020, dan PSBB provinsi tahap dua hingga 2 Juni 2020 mendatang, jumlah kasus Covid-19 tidak menunjukkan tren penurunan.

"Dengan adanya dua tahap PSBB ini, jumlah kasus Covid-19 cenderung landai, tidak menurun, tidak juga naik. Angkanya masih sekitaran yang sama," kata Agus saat On Air di Radio PRFM News 107.5 News Channel, Rabu 20 Mei 2020 seperti dikutip Pikiranrakyat-bandungraya.com.

Baca Juga: Permintaan Air Bersih Meningkat Sejak Pandemi Corona, Bukti A New Normal Mulai Melekat di Masyarakat

Agus menuturkan bahwa dalam tahap ketiga PSBB, Kabupaten Bandung Barat akan lebih fokus pada PSBB di tingkat RW (rukun warga) yang memiliki kasus positif virus corona atau Covid-19.

Dalam menyukseskan PSBB tingkat RW kali ini, masyarakat Kabupaten Bandung Barat masih menggunakan metode pemakaian masker dan menerapkan physical distancing atau jaga jarak agar penyebaran virus corona dapat diminimalisasi.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: PRFM News, pik.bandungbaratkab.go.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Pikiran Rakyat Media Network

X