Cek Fakta: Barack Obama Dikabarkan Kunjungi Laboratorium 'Covid-19' di Wuhan-Tiongkok pada 2015

- 16 Juli 2020, 19:37 WIB
Foto hoaks mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Anthony Fauci, dan Melinda Gates mengunjungi laboratorium di Wuhan, Tiongkok pada 2015. //dok. National Institute of Health via Snopes

PR BANDUNGRAYA - Tersiar kabar di media sosial Facebook yang menyebut bahwa mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Melinda Gates, dan Anthony Fauci mengunjungi laboratorium di Wuhan, Tiongkok, yang sempat diduga menjadi sumber awal dari kemunculan virus corona.

Disebutkan bahwa ketiga tokoh besar Amerika Serikat itu datang ke laboratorium di Wuhan, Tiongkok pada 2015 silam, empat tahun sebelum virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 ditemukan pada akhir 2019.

Berdasarkan hasil penelusuran Pikiranrakyat-bandungraya.com sebagaimana dikutip dari laman turnbackhoax.id dengan judul "[SALAH] Foto "Barack Obama, Anthony Fauci dan Melinda Gates mengunjungi 'pabrik coronavirus' Laboratorium Cina Wuhan tahun 2015", kabar terkait kunjungan tiga tokoh Amerika Serikat itu ke laboratorium di Wuhan pada 2015 adalah hoaks.

Baca Juga: Cek Fakta: Pendukung Fanatik Jokowi Dikabarkan Tewas Usai Berjalan Kaki 15 Kilometer Demi BLT

Kabar ini pertama kali dibagikan oleh pemilik akun Facebook Massimo Resta pada sebuah komunitas bernama Die Welt verandert sich WWG 1 WGA pada 10 Juli 2020 dengan narasi, yang apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, sebagai berikut.

Tangkapan layar hoaks tentang kunjungan Barack Obama ke laboratorium di Wuhan, Tiongkok.
Tangkapan layar hoaks tentang kunjungan Barack Obama ke laboratorium di Wuhan, Tiongkok. /turnbackhoax.id

"Foto dari 2015. Gambar dari lima tahun lalu. Laboratorium Tiongkok Wuhan. Barack Obama, Anthony Fauci, dan Melinda Gates mengunjungi 'pabrik virus', mungkin untuk memeriksa kemajuan penelitian virus corona,"

"2015 adalah tahun yang sama ketika Bill Gates menyatakan bahwa ancaman terhadap umat manusia bukan lagi nuklir, tetapi virus juga bisa menjadi ancaman. Tahun 2015 juga merupakan tahun dimana berita ilmiah Raitre 'Leonardo' menyiarkan laporan tentang virus super yang sedang dipelajari orang Tiongkok,"

Tangkapan layar narasi hoaks lengkap beserta artinya dalam Bahasa Indonesia.
Tangkapan layar narasi hoaks lengkap beserta artinya dalam Bahasa Indonesia. /turnbackhoax.id

Baca Juga: Viral di Kalangan Netizen, Simak 4 Fakta Skandal Jessica Jane, Ericko Lim, dan Listy Chan

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: turnbackhoax.id


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X