Cek Fakta: Tersiar Foto Jokowi dan Ahok di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental

- 1 Agustus 2020, 11:50 WIB
Hoaks foto Jokowi dan Ahok di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental. /Dok. Jabar Saber Hoaks

PR BANDUNGRAYA - Tersiar foto di media sosial Facebook yang menampakkan potret Presiden Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Komisaris Utama PT Pertamina (Persero), tengah mengenakan daster.

Postur tubuh dua orang dalam foto tersebut terlihat seperti lansia. Dua orang dalam foto tersebut yang berparas Jokowi dan Ahok terlihat duduk di sebuah bangku di ruangan dengan tulisan 'Panti Rehabilitasi Gangguan Mental'. Lansia berwajah Ahok terlihat memangku sebuah kotak bertuliskan 'bansos'.

Berdasarkan hasil penelusuran sebagaimana dikutip Pikiranrakyat-bandungraya.com dari akun instagram Jabar Saber Hoaks @jabarsaberhoaks, pada Sabtu 1 Agustus 2020, foto dua lansia berwajah Jokowi dan Ahok di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental adalah hoaks.

Baca Juga: Terungkap di Run BTS Episode 110, Ini Kemampuan Ajaib Jin BTS yang Membuat Semua Member Tercengang

Foto ini pertama kali dibagikan di media sosial Facebook pada 30 Juli 2020 dengan narasi sebagai berikut.

"'Nasib Tragis Nenek' Sudah menkjadi fenomena alam nyata, dimana sang anak enggan merawat orang tuanya. Mereka lebih memilih menitipkan orangtuanya tsb ke #PantiJompo, ketimbang menguruss mereka di rumahnya..."

"Entah apa yg merasuki pikiran sang anak tsb, sehingga mrk malas merawat orangtuanya dg menitipkan di panti gompo. Padahal tanpa seorang ibu, mereka takkan mungkin lahir ke dunia..."

Baca Juga: Pengakuan Dokter Kriminal Asal India: Bunuh 50 Sopir Taksi dan Jadikan Mayatnya Sebagai Pakan Buaya

"Seperti dua orang nenek renta ini... Nasibnya sungguh tragis... Tanpa anak yg menjenguk... Tanpa cucu yg bisa menghibur... Bahkan utk makan saja mereka hrs mau antri menunggu permbagian sembako dari pemerintah...!!! #SabarYaNek... #NikmatiSajaKarmamu_Yak_Nek..."

Berdasarkan hasil penelusuran sebagaimana dilaporkan Jabar Saber Hoaks, foto lansia di Panti Rehabilitasi Gangguan Mental berparas Jokowi dan Ahok adalah sebuah suntingan atau editan.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Jabar Saber Hoaks


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X