5 Jajanan Khas Cimahi Yang Wajib Dicoba! Ada Bacol

- 22 April 2024, 16:30 WIB
5 Jajanan Khas Cimahi Yang Wajib Dicoba! Ada Bacol
5 Jajanan Khas Cimahi Yang Wajib Dicoba! Ada Bacol /valenciamarkyv69/Pixabay


BANDUNGRAYA.ID-
Cimahi adalah suatu kota kecil yang terletak di Jawa Barat, Indonesia, memiliki keberagaman kuliner yang menarik dan unik.

Saat mengunjungi kota ini, jangan lupa untuk mencoba berbagai jajanan khas yang menggugah selera.

Penasaran jajanan khas cimahi apa saja ? yuk simak ulasannya dibawah ini.

1. Bacol
Bacol, singkatan dari bala-bala cocol, merupakan salah satu makanan khas Cimahi yang populer. Bacol sebenarnya adalah gorengan bala-bala atau bakwan, namun ditambahkan saus kacang pedas asam untuk dinikmati dengan cara dicocol. Makanan ini sangat cocok sebagai takjil atau untuk berbuka puasa, dan banyak diminati oleh warga Cimahi saat ngabuburit. Bacol konon mulai dikenal sejak tahun 2003 dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

2. Bandros
Bandros merupakan salah satu kudapan khas Sunda yang dibuat dari kombinasi tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah, lalu dipanggang menggunakan cetakan khusus. Makanan ini memiliki kelembutan tekstur yang disertai dengan aroma dan cita rasa gula merah yang nikmat.

3. Tahu Jegur
Jeletot guyur atau yang disingkat menjadi tahu jegur merupakan salah satu kuliner khas Cimahi yang menawarkan rasa unik dengan perpaduan rempah-rempah. Penjual biasanya menjajakan tahu jegur menggunakan gerobak, namun kini sudah tersedia dalam kemasan instan. Terbuat dari tahu dengan tambahan topping, kemudian disiram dengan kuah jeletot yang memiliki perpaduan rasa asam, manis, pedas, dan gurih. Bagi yang tidak menyukai rasa pedas, tersedia opsi untuk mengurangi tingkat kepedasannya.

Baca Juga: Bikin Lidah Bergoyang: 5 Rekomendasi Jajanan di Bandung yang Wajib Diicip-icip

4. Sumpia
Sumpia, camilan khas Cimahi, terbuat dari udang kering atau ebi, dan menjadi oleh-oleh yang sangat populer karena citarasanya yang khas dan lezat. Camilan ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih karena menggunakan ebi, gula pasir, dan tepung terigu sebagai bahan utamanya.

5. Dendeng Jantung Pisang
Biasanya, dendeng dibuat dari daging atau paru sapi. Namun, di Cimahi, dendeng dibuat dari jantung pisang. Variannya dikenal sebagai denjapi. Dendeng jantung pisang ini memiliki bentuk dan rasa yang hampir serupa dengan dendeng daging, yakni tipis, berwarna kecoklatan, dan memiliki rasa manis rempah. Proses pembuatannya dimulai dengan merebus jantung pisang hingga lunak, kemudian ditumbuk halus. Bumbu seperti ketumbar, ikan teri, bawang merah, dan bawang putih juga ditumbuk halus, kemudian ditumis hingga harum. Hasil tumbukan jantung pisang kemudian ditambahkan dan semua bahan diaduk hingga merata, ditambah gula merah untuk penambah rasa.

Itulah rekomendasi jajanan khas Kota Cimahi yang wajib kamu cobain ketika berkunjung ke kota ini.***

Editor: Raabi Ghulamin Halim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah