Disalurkan Bulan ini, Dana BLT PKH 2021 Bisa untuk Ibu Hamil hingga Anak Usia Dini! Intip Syaratnya

- 12 Januari 2021, 13:21 WIB
Dana Program Keluarga Harapan (PKH) 2021 mulai dicairkan bulan ini.
Dana Program Keluarga Harapan (PKH) 2021 mulai dicairkan bulan ini. /Twitter.com/@KemensosRI

PR BANDUNGRAYA – Pada program baru BLT PKH 2021 Kementerian Sosial (Kemensos), sejumlah kategori penerima di antaranya ibu hamil hingga anak-anak usia dini bisa mendapatkan dana bantuan masing-masing hingga 3 juta rupiah.

Bantuan sosial (Bansos) yang diluncurkan Kemensos sejak 4 Januari 2021 lalu ini disalurkan dalam 4 tahap, mulai bulan Januari, April, Juli, dan bulan Oktober, melalui bank BNI, BRI, Bank Mandiri, serta BTN.

Sebagaimana dilansir dari laman PKH Kemensos, Program Keluarga Harapan merupakan program bantuan sosial bersyarat yang diberikan kepada Keluarga Miskin (KM) sebagai keluarga penerima.

Baca Juga: Duh! Angka Pasien Covid-19 di Jabar Terus Bertambah, RSHS sampai Tambah 40 Tempat Tidur

Sebagai salah satu upaya pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan, program PKH memberikan akses bagi KM, terutama ibu hamil dan anak agar memudahkan pemanfaatan fasilitas layanan kesehatan (faskes) hingga fasilitas layanan pendidikan (fasdik).

Selain itu, PKH juga memberikan manfaat bagi penyandang disabilitas dan lanjut usia sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan dana bantuan ini, keluarga penerima PKH harus terdaftar dan hadir di fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat.

Baca Juga: Kebijakan Aneh Kemenhub Soal Kursi Pesawat 'Disemprot' dr Tirta: Pak, Heran deh! Selaras dong

Di bidang kesehatan, PKH mewajibkan pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil serta pemberian asupan gizi dan imunisasi hingga timbang berat badan anak.

Kemudian, di bidang pendidikan, program ini memastikan anggota keluarga penerima PKH terdaftar dan hadir dalam satuan pendidik sesuai dengan jenjang sekolah.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: PMJ News Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x