BLT Subsidi Gaji Tahap 1-2 Dikabarkan Cair Januari 2021, Kapan Pencairan Gelombang Tiga?

- 21 Januari 2021, 11:16 WIB
Ilustrasi penyaluran BSU atau BLT Subsidi Gaji.
Ilustrasi penyaluran BSU atau BLT Subsidi Gaji. /ANTARA/M Risyal Hidayat

PR BANDUNGRAYA – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyalurkan program Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) Subsidi Gaji.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menjelaskan program BSU atau BLT Subsidi Gaji merupakan bagian dari upaya penyelamatan ekonomi nasional.

"(BSU atau BLT Subsidi Gaji) tujuannya adalah melindungi, mempertahankan, dan meningkatkan kemampuan ekonomi pekerja atau buruh dalam rangka penanganan dampak Covid-19," ujar Menaker Ida dalam Rapat Kerja dengan DPR pada Senin, 18 Januari 2021 yang diunggah di kanal Youtube Komisi IX DPR RI.

Baca Juga: BPDB Wonogiri Sebut Fenomena Water Spout Hampir Terjadi Setiap Tahun

Program BSU atau BLT Subsidi Gaji pada tahun 2020 memiliki anggaran sebesar 29,7 triliun, dengan target penerima sebanyak 12.403.896 pekerja.

Realisasi BLT Subsidi Gaji gelombang satu pada periode penyaluran Agustus hingga Oktober 2020 mencapai 99,11 persen.

Sedangkan realisasi BSU atau BLT Subsidi Gaji gelombang dua pada periode penyaluran November 2020 hanya mencapai 98,71 persen.

Baca Juga: Sempat Bikin Panik Warga Wonogiri, Ini Penjelasan BMKG Soal Fenomena Alam Water Spout

Dengan begitu, terdapat 110.762 penerima pada gelombang satu dan 159.727 penerima pada gelombang dua yang belum menerima BSU atau BLT Subsidi Gaji.

"Jadi mudah-mudahan dalam bulan Januari ini, yang memang sudah menerima pada gelombang 1 dan betul-betul datanya sudah clear semua, maka akan kami mintakan kembali ke perbendaharaan negara untuk menyalurkan kembali," kata Ida.

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x