Update Harga Sembako di Lembang Bandung Barat Jelang Idul Fitri, Cek di Sini

- 29 Maret 2024, 08:56 WIB
Update Harga Sembako di Lembang Bandung Barat Jelang Idul Fitri, Cek di Sini
Update Harga Sembako di Lembang Bandung Barat Jelang Idul Fitri, Cek di Sini /WAHYU PUTRO A/ANTARA FOTO

BANDUNGRAYA.ID - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Barat mengonfirmasi bahwa harga sembako di Pasar Panorama, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat, telah mengalami penurunan pada pertengahan bulan Ramadhan 2024.

Menurut Kepala Disperindag Jabar, Noneng Komara Nengsih, komoditas pokok seperti cabai, telur, dan beras telah mengalami penurunan harga yang signifikan dibandingkan beberapa waktu sebelumnya.

"Meskipun ada kenaikan harga pada cabai tanjung dan bawang merah, namun secara keseluruhan harga sembako cenderung menurun," ujar Noneng.

Baca Juga: Jadwal Sembako Murah di Bandung Ramadhan 2024, Tempatnya Ada di Gedung Sate Ya! Yuk Catat Tanggalnya

Berdasarkan informasi dari pedagang di Pasar Panorama, harga beras saat ini berkisar antara Rp15.000 hingga Rp16.000 per kilogram, sementara ayam potong dijual dengan harga Rp38.000 hingga Rp39.000 per kilogram, dan telur berkisar antara Rp28.000 hingga Rp29.000 per kilogram.

Harga cabai merah keriting dan cabai rawit merah berkisar antara Rp40.000 hingga Rp41.000 per kilogram, sedangkan cabai tanjung dijual seharga Rp50.000 per kilogram, dan bawang merah dijual dengan harga Rp31.000 hingga Rp32.000 per kilogram.

Noneng menjelaskan bahwa penurunan harga komoditas pokok di Pasar Panorama juga mencerminkan situasi di pasar tradisional lainnya, terutama di wilayah Bandung Raya, karena sebagian besar komoditas dipasok dari Pasar Induk Caringin di Kota Bandung.

"Sekitar sini, banyak yang dipasok dari Caringin, terutama untuk komoditas yang tidak diproduksi di Lembang seperti kentang," ungkapnya.

Terkait ketersediaan komoditas pokok, Noneng memastikan bahwa saat ini pasokan masih aman. Pasokan beras lokal sudah mulai masuk ke pasar, ditambah dengan beras impor yang didistribusikan oleh Badan Urusan Logistik (Bulog).

Halaman:

Editor: Resa Mutoharoh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x