Tiga Bulan Ditutup Karena Corona, 5 Kapal Wisata di Labuan Bajo Tenggelam Tak Terurus

- 25 Mei 2020, 19:20 WIB
KAPAL phinisi yang sering digunakan oleh wisatawan untuk berwisata di Taman Nasional Komodo, tenggelam di perairan Labuan Bajo.* ANTARA

PIKIRAN RAKYAT - Sejak tiga bulan terakhir, sejumlah tempat wisata di Tanah Air terpaksa ditutup agar tak ada pengunjung yang datang dari berbagai wilayah demi meminimalisasi penyebaran virus corona.

Sayangnya, dalam kurun waktu tiga bulan tersebut sedikitnya sejumlah fasilitas di tempat wisata justru tak terurus, sejumlah kapal di Labuan Bajo bahkan tenggelam satu persatu.

Dikutip Pikiranrakyat-bandungraya.com dari Antara, Idrus, penanggung jawab kapal motor Sarana Inti Pangan 01 mengatakan bahwa sejumlah kapal angkutan wisata rusak dan tenggelam di perairan kawasan Pelabuhan Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Sempat Terhenti Karena Satu Pebasket Terpapar Corona, NBA Berencana Lanjutkan Musim di Disney World

"Banyak kapal wisata yang rusak dan tenggelam karena memang tak diurus, termasuk kapal wisata yang saya tangani," kata Idrus pada Senin, 25 Mei 2020.

Ia menjelaskan bahwa Kapal Motor (KM) Sarana Inti Pangan 01 merupakan kapal milik salah satu mitra Indofood yang berada di Jakarta.

Kapal itu tenggelam di perairan kawasan Pelabuhan Labuan Bajo pada Senin 24 Mei 2020 pukul 8.30 WITA saat Idrus hendak mengecek kapal tersebut.

Baca Juga: Ramai Wacana A New Normal untuk Hadapi Corona, Pelatnas Bulutangkis Sebut Atlet Segera Beradaptasi

Kapal berukuran 14 gross tonage itu tenggelam di parkiran Mooring Buoy tanpa anak buah kapal. Idrus menambahkan bahwa sejak dua hari terakhir memang kondisi pompa air di dasar kapal wisata itu bermasalah.

"Ini murni kelalaian petugas kapal yang ditugaskan mengelola kapal itu, sehingga air laut masuk ke dalam kapal wisata itu dan kemudian perlahan-lahan tenggelam," tutur Idrus.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X