Pulihkan Ekonomi Nasional Pascapandemi, Pemerintah Siapkan Dana Rp 52,57 Triliun untuk 12 BUMN

- 3 Juni 2020, 15:02 WIB
LOGO BUMN.* BUMN

PR BANDUNGRAYA - Demi mempercerpat program pemulihan ekonomi nasional pascamasuknya pandemi virus corona atau COVID-19 ke Indonesia, dana Rp 52,57 triliun siap digelontorkan pemerintah untuk perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menilai BUMN merupakan perusahaan yang memiliki pengaruh besar terhadap kebutuhan dan keberlangsungan hidup masyarakat Indonesia.

Sehingga tak tanggung-tanggung dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo dari Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu 3 Juni 2020, Sri Mulyani menunjuk 12 BUMN yang akan diberi suntikan dana demi memulihkan ekonomi nasional.

Baca Juga: Mixtape Suga BTS 'D-2' Tuai Kontroversi Soal Pembantai Massal Jim Jones, Agensi Hapus Intro Lagu

Dikutip Pikiranrakyat-bandungraya.com dari Antara, dukungan dana itu akan diberikan kepada 12 BUMN melalui berbagai skema seperti pembayaran subsidi, penyaluran bantuan sosial, hingga penyertaan modal negara (PMN).

"Pemilihan 12 BUMN ini dianggap memiliki pengaruh yang besar terhadap hajat hidup masyarakat," kata Sri Mulyani usai rapat terbatas terkait Penetapan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan Perubahan Postur APBN Tahun 2020 yang digelar secara daring.

Pemilihan 12 BUMN ini juga dilihat dari kepemilikan aset dan kontribusi yang besar bagi sistem keuangan nasional.

Baca Juga: Kemenag Batalkan Keberangkatan ke Tanah Suci, Simak Cara Mengembalikan Dana Haji Calon Jemaah 2020

Berikut ini rincian ke-12 BUMN yang akan menerima suntikan dana total Rp 52,57 triliun

1. PT PLN mendapatkan dana pemerintah untuk membayar perpanjangan subsidi diskon listrik, mendapat PMN, dan kompensasi dari piutang pemerintah yang secara akumulasi mencapai Rp 45,4 triliun.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X