Pupuk Batu Bara Asal Indonesia Berhasil Raih Hak Paten AS, Sebelumnya Telah Dipasarkan di Afrika

- 28 Juni 2020, 13:50 WIB
Pupuk batu bara merek Futura di Indonesia yang dikembangkan oleh R. Umar berhasil mendapatkan hak paten di Amerika Serikat.* /ANTARA

PR BANDUNGRAYA - Pupuk batu bara Glogens Organic Micro-Carbon Fertilizer karya anak bangsa, R. Umar Hasan Saputra berhasil mendapatkan hak paten dari United States Patent and Trademark Office (USPTO), Amerika Serikat (AS).

Seperti Dikutip Pikiranrakyat-bandungraya.com dari RRI, pupuk yang diberi merek dagang, Futura, di Indonesia dan telah tersebar di Zimbabwe, Afrika tersebut diklaim bersifat organik dan juga eco-friendly karena dapat memperbaiki kondisi tanah.

Sang pengembang, Umar, merupakan wirausahawan dan inventor bidang pertanian asal Indonesia, berupa teknologi produksi pupuk berbahan dasar batu bara.

Baca Juga: Waspada New Normal, Peneliti Ungkap Trik Jitu Agar Terhindar dari Gelombang Dua Virus Vorona

Keberhasilan tersebut merupakan capaian besar, mengingat teknologi produksi pupuk berbahan batu bara yang dikembangkannya saat ini satu-satunya yang berhasil memperoleh hak paten di AS.

Dengan diterbitkannya paten tersebut, pupuk batu bara dengan merek dagang Glogens Organic Micro-Carbon Fertilizer nantinya selain dapat memasuki pasar industri pertanian di AS.

Saat ini pasar itu merupakan pasar terbesar di dunia yang dapat membuka peluang investasi berupa pendirian pabrik serta memperlancar pemasaran produk pupuk tersebut di tingkat global.

Baca Juga: 15 Teori Dibalik Video Klip BTS 'Stay Gold', Dari Lorong hingga Insiden Tabrakan Suga saat Trainee

Umar membeberkan, paten atas teknologi yang diraihnya memiliki beberapa keunggulan.

"Pupuk tersebut dihasilkan dari bahan dasar batu bara berkalori rendah yang banyak terdapat di berbagai negara," kata Umar.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X