Jangan Dulu Dibuang! Begini Cara Menyelamatkan Kaktus Ownroot yang Membusuk

- 23 April 2024, 21:25 WIB
Jangan Dulu Dibuang! Begini Cara Menyelamatkan Kaktus Ownroot yang Membusuk
Jangan Dulu Dibuang! Begini Cara Menyelamatkan Kaktus Ownroot yang Membusuk /Pixabay/Pexels
 
BANDUNGRAYA.ID - Kaktus ownroot termasuk jenis tanaman hias paling unik dan menawan, biasanya tumbuh dengan tidak terlalu membutuhkan air dan perawatan yang lebih.
 
Ternyata, ownroot bukan hanya nama kaktus. Tetapi juga varietas tanaman yang memiliki kemampuan unik untuk tumbuh kembali dari bagian atasnya dan menghasilkan akarnya sendiri.
 
Namun, kelebihannya kaktus ownroot terkadang membuatnya kurang perhatian sehingga bagian bawah kaktus ownroot ada yang membusuk, sementara bagian atasnya masih sehat.
 
Dilansir BandungRaya.id dari kanal YouTube Kedai Karya, berikut ini adalah langkah-langkah menyelamatkan kaktus ownroot yang membusuk bagian bawahnya.
 
1. Buang Bagian yang Busuk atau Keringnya
 
Langkah pertama dalam upaya penyelamatan kaktus ownroot, yaitu dengan membuang atau memangkas bagian yang busuk dan yang keringnya dari batang buah naganya dengan hati-hati. 
 
Setelah dipangkas, dan ada bagian yang masih basah, harus dikeringkan sampai benar-benar kering. Karena proses ini adalah titik awal yang sangat penting.
 
2. Masukkan ke Dalam Media Tanamnya.
 
Setelah proses pengeringan selesai dan di masukkan ke media tanamnya. Fase berikutnya yaitu menunggu akar tumbuh. Ini adalah langkah yang memerlukan kesabaran, tetapi hasilnya sangat memuaskan. 
 
Setelah beberapa minggu, lihatlah beberapa bagian kaktus ownroot mulai memiliki akar yang tumbuh, dan jika belum, mungkin butuh waktu tambahan lagi untuk menunggunya.
 
Nah, itulah beberapa langkah untuk menyelamatkan kaktus ownroot yang membusuk, pastinya usahakan diperbaiki dulu sebelum dibuang. ***

 

Editor: Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah