8 Oleh-oleh Khas Garut Selain Dodol yang Lezat dan Unik Cocok Dibawa Pulang Setelah Mudik

- 16 April 2024, 06:00 WIB
Ilustrasi dodol Garut.
Ilustrasi dodol Garut. /Youtube.com/IndonesiaKaya/

BANDUNGRAYA.ID- Jika Anda bingung membawa oleh-oleh selepas melakukan mudik lebaran, mungkin beberapa oleh-oleh khas Garut ini layak dipertimbangkan.

Selain dodol, ternyata ada beberapa jajanan khas Garut yang bercita rasa lezat dan unik yang bisa dibeli untuk ole-oleh selepas mudik lebaran.

Berikut ini 8 oleh-oleh khas Garut, Jawa Barat, Ingin tahu apa saja? Simak dibawah ini.

1. Dodol

Dodol merupakan kuliner andalan khas Garut yang terkenal, menempati peringkat pertama dalam daftar kuliner yang tidak dapat tergantikan. Berbeda dengan dodol dari daerah lain yang biasanya kenyal, tekstur dodol Garut justru lembut dan mudah meleleh di mulut. Selain itu, rasanya tidak terlalu manis, sehingga sangat pas untuk dinikmati sebagai camilan ringan. Pada awalnya, dodol Garut hanya hadir dalam dua varian, yaitu orisinal dan wijen. Namun, seiring dengan perkembangan dunia kuliner, dodol Garut kini telah dimodifikasi dengan berbagai rasa.

2. Burayot

Selain dodol, di Kabupaten Garut juga terdapat burayot yang bisa ditemukan di berbagai sudut daerah tersebut. Meskipun pusat produksinya berada di Kecamatan Leles, namun tidak jarang daerah lain turut serta dalam pembuatan burayot sebagai oleh-oleh. Nama "burayot" diambil dari bentuknya yang keriput dan bulat seperti sesuatu yang bergantung. Dalam bahasa Sunda, bentuknya disebut ngaburayot. Penganan khas Garut ini terbuat dari campuran tepung beras merah, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa. Karena itu, burayot memiliki warna cokelat dengan cita rasa manis yang khas dari gula merah.

Baca Juga: Kondisi Terkini Tempat Wisata di Garut Saat Libur Lebaran: Laut dan Danau Banyak Pengunjung

3. Comring

Halaman:

Editor: Raabi Ghulamin Halim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah