Makanan Khas Bekasi yang Wajib Kamu Cobain Saat Berkunjung

- 22 April 2024, 16:00 WIB
Makanan Khas Bekasi yang Wajib Kamu Cobain Saat Berkunjung
Makanan Khas Bekasi yang Wajib Kamu Cobain Saat Berkunjung /Facebook/Chef Renatta


BANDUNGRAYA.ID-
Walau banyak yang menganggap Bekasi berasalh dari planet yang berbeda, julukan ini sebenarnya semakin menarik minat orang pada Kota Bekasi.

Terlepas dari stereotip tersebut, ada banyak hal menarik tentang Bekasi, salah satunya adalah makanan khasnya. Namun, tak jarang masih ada yang belum familiar dengan kuliner khas Bekasi.

Bagi yang penasaran, tak perlu khawatir. Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas Bekasi yang wajib kamu dicicipi saat berkunjung ke kota ini.

1. Kue sagon
Kue sagon adalah sajian klasik dari Bekasi yang juga merupakan kuliner khas Betawi. Kue sagon terdiri dari campuran parutan kelapa dan tepung sagu, yang kadang-kadang dapat digantikan dengan tepung ketan atau kanji. Biasanya, kue sagon ini diberi taburan parutan kelapa di atasnya, memberikan rasa yang lezat dan keunikan tersendiri. Bentuk kue ini bervariasi, bisa berbentuk persegi panjang, pipih, bulat, atau oval, tergantung pada cetakan yang digunakan.

2. Kue telur Gabus
Walau disebut telur gabus, kue ini sebenarnya tidak terbuat dari ikan gabus sama sekali. Popularitas kue telur gabus telah meluas di seluruh Indonesia, bahkan ada oleh-oleh telur gabus yang tersedia di berbagai daerah. Pada awalnya, kue telur gabus hanya memiliki rasa gurih, tetapi kini ada banyak variasi rasa yang bisa ditemui, seperti rasa keju yang menjadi favorit banyak orang. Kue ini memiliki warna putih kekuningan, dengan rasa gurih khas keju, dan teksturnya yang mirip dengan gabus styrofoam. Oleh karena itu, kue ini disebut telur gabus. Terbuat dari campuran telur dan tepung sagu atau tapioka, saat dimakan, kue ini memiliki tekstur renyah yang mirip dengan gabus, agak lembek, dan sedikit asin. Telur gabus menjadi salah satu jajanan wajib saat hari raya. Selain varian gurih, kamu juga dapat menemukan versi manis dengan taburan gula putih dalam ukuran kue yang lebih besar.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Seblak Paling Enak di Cimahi Lengkap dengan Alamat Jam Buka dan Harga

3. Kue Akar Kelapa
Kue akar kelapa adalah salah satu kuliner khas Bekasi yang layak disuguhkan di meja tamu. Karena bentuknya yang istimewa dan cita rasanya yang lezat, kue ini sering dihidangkan kepada para tamu yang datang ke rumah. Dinamai kue akar kelapa karena bentuknya menyerupai akar pohon kelapa, dengan panjang dan tekstur bergerigi di seluruh bagian. Rasanya gurih, sedikit asin, dan memiliki sentuhan manis yang khas.

4. Kue Rangi
Kue rangi terbuat dari parutan kelapa dan tepung kanji, kue rangi dipanggang dengan menggunakan cetakan khusus dan kemudian dilapisi dengan gula merah. Asal usul nama "kue rangi" berasal dari singkatan "digarang wangi", yang mengacu pada proses memasak tanpa minyak menggunakan bara api. Proses penggarangan ini memberikan cita rasa yang lebih gurih pada kue rangi. Meskipun kelezatannya telah terkenal, kue rangi saat ini sulit ditemukan di banyak tempat, biasanya hanya dijual oleh pedagang keliling.

5. Kue Biji Ketapang
Meskipun masih berbentuk kukis, kue biji ketapang menjadi favorit di kalangan masyarakat Bekasi. Kuliner ini juga mencerminkan pengaruh budaya Betawi di daerah tersebut. Dengan tekstur sedikit keras di luar, namun begitu gurih di dalam, kue biji ketapang terbuat dari campuran sagu, santan, dan gula pasir. Setelah adonan dibentuk menjadi lonjong dan dipotong-potong, kemudian digoreng untuk menghasilkan kue biji ketapang yang lezat. Biasanya, kue ini hadir saat momen Idul Fitri atau Lebaran.

6. Bandeng Rorod
Apabila di Jogja terdapat Bakpia dan di Semarang ada lumpia, maka di Bekasi terkenal dengan bandeng rorod. Tidak seperti bandeng presto biasa yang memiliki duri yang lunak, bandeng rorod ini dikenal sebagai bandeng tanpa duri. Melalui proses pengolahan yang teliti dan paduan bumbu khas, makanan khas Bekasi ini menghadirkan rasa yang lebih istimewa.

Halaman:

Editor: Raabi Ghulamin Halim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah