Dinkes Bandung Gelar Rapid dan Swab Test di Pasar Majalaya, Cegah Penyebaran Virus dari Pedagang

- 4 Juni 2020, 15:11 WIB
ILUSTRASI Swab test yang dilakukan pada pedagang di Pasar Antri Baru Cimahi.* GALAMEDIANEWS

PR BANDUNGRAYA - Memasuki bulan keempat penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mulai melakukan tes massal demi memetakan persebaran COVID-19.

Sasaran pertama Pemkab Bandung adalah dua pasar di Kecamatan Majalaya mengingat pasar merupakan salah satu tempat di mana masyarakat berkerumun. Pasar juga tak menjamin pengunjungnya hanya datang di wilayah termpat beroperasinya saja.

Dilansir PRFM News, melalui jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung tes massal berupa rapid test dan swab test di dua pasar di Kecamatan Majalaya digelar Kamis 4 Juni 2020.

Baca Juga: Kini Perantau di Jawa Barat Bisa Dapatkan Bantuan Sosial COVID-19, Daftarkan Diri ke RW Setempat

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Bandung, Popi Hopipah mengatakan, tes ini sengaja dilakukan di pasar-pasar, karena banyak kejadian terjadi penularan kasus COVID-19 terjadi di pasar tradisional.

Di Kota Cimahi, klaster baru peyebaran COVID-19 terjadi di pasar. Berkaca dari kejadian itu, tes virus corona ini digelar.

"Mudah-mudahan setelah kemarin di Pasar Baleendah dan hasilnya Alhamdulillah tidak ada yang positif, semoga di pasar Majalaya ini juga tidak ada yang positif," kata Popi saat on air di Radio PRFM 107.5 News Channel.

Baca Juga: Gerombolan Mahasiswa Dikabarkan Unjuk Rasa untuk Turunkan Jokowi dari Kursi Presiden, Simak Faktanya

Popi pribadi meminta warga untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus corona seandainya nanti rapid test pedagang tidak menunjukan hasil reaktif.

Dia mengimbau warga tetap menerapkan protokol kesehatan selama di pasar dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X