Dentuman Suara Misterius di Bandung Disebut-sebut sebagai Skyquake, Fenomena Atmosfer Langka

- 22 Mei 2020, 07:19 WIB
ILUSTRASI aurora.* PIXABAY

PIKIRAN RAKYAT - Bukan sekali dua kali suara dentuman misterius terdengar di sejumlah wilayah Indonesia.

Terbaru, menurut pengakuan para warga, Bandung Raya juga mendengar adanya suara dentuman keras sejak pagi hingga siang hari pada Kamis 21 Mei 2020.

Sebelumnya, venomena munculnya suara yang cukup keras secara berulang-ulang itu juga terjadi di wilayah Jabodetabek, pada awal April 2020 lalu seiring dengan terjadinya erupsi Gunung Krakatau.

Baca Juga: Siti Fadilah Akui Hentikan Flu Burung dengan Politik, Bukan Vaksin

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengonfirmasi bahwa dentuman itu tidak berasal dari adanya aktivitas gempa, maupun petir.

Sementara Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) juga telah memastikan bahwa suara dentuman yang terdengar di wilayah Bandung Raya bukan berasal dari erupsi gunung api.

Dilansir Pikiranrakyat-bandungraya.com dari Pikiranrakyat-depok.com, fenomena dentuman suara bukanlah fenomena aneh, sebab dentuman itu berasal dari langit dan telah lumrah terjadi berbagai belahan dunia.

Baca Juga: Polisi Ciduk Puluhan Penjual Miras di Bandung Barat, Cimahi, dan Margaasih, Ribuan Botol Disita

Fenomena suara dentuman yang berasal dari langit itu disebut sebagai skyquake.

Menurut strangesounds.org, lebih dari 40 insiden serupa telah dilaporkan di Inggris, Amerika Serikat, dan negara-negara lain hingga saat ini.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Pikiran Rakyat Depok


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Pikiran Rakyat Media Network

X