Pemerintah Bakal Sulap Situs Sumur Bandung Jadi Destinasi Wisata

- 8 Juli 2020, 06:44 WIB
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana saat melihat kondisi salah satu Sumur Bandung yang berada di lahan eks Palaguna, Selasa, 7 Juli 2020.* //dok. Humas Pemkot Bandung

PR BANDUNGRAYA - Sumur bersejarah di lahan eks Palaguna Alun-alun Kota Bandung bakal disulap menjadi destinasi wisata baru oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Situs Sumur Bandung memang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sumur itu sendiri disebut sebagai salah satu tonggak berdirinya Kota Bandung.

"Mudah-mudahan sumur ini bisa menjadi tujuan wisata. Karena memang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi untuk Kota Bandung," kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat melakukan peninjauan sumur, Selasa 7 Juli 2020 sebagaimana dilaporkan Humas Pemkot Bandung.

Baca Juga: Diam-diam 6 Member BTS Tempuh Pendidikan Pascasarjana, Jimin dan V Bakal Jadi Mahasiswa Baru

Yana Mulyana menuturkan, situs Sumur Bandung bakal direvitalisasi oleh PT Jaswita Jabar dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung.

Keduanya memang akan mulai berinovasi untuk membangun wisata di ruang terbuka Kota Bandung. Salah satunya sumur tersebut.

"Pemkot Bandung dan pihak terkait akan mengaktivasi tujuan wisata outdoor. Insyaallah aman meski di tengah pandemi," ujar Yana Mulyana.

Baca Juga: Molor Pengerjaan Tol Cisumdawu, Jokowi Tegur Jajarannya

Sumur Bandung merupakan bagian dari sejarah Kota Bandung. Konon, cikal bakal sumur dari tancapan nyere (lidi) R.A.A Wiranatakusumah II saat beristirahat dalam perjalanan Subang ke Dayeuhkolot tahun 1811 untuk mencari ibukota baru.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Humas Pemkot Bandung


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X