Siap Hadapi New Normal, PT KAI Buat Prosedur Cek Suhu Tubuh Penumpang Tiap 3 Jam Sekali

- 29 Mei 2020, 16:19 WIB
PEMERIKSAAN suhu tubuh oleh petugas PT KAI.*

PIKIRAN RAKYAT - Tatanan kehidupan normal yang baru atau new normal usai kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Normal (PSBB) mulai diterapkan oleh masyarakat, terutama pihak pengelola tempat umum yang mengundang timbulnya kerumunan, seperti stasiun kereta api.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjadi salah satu pengelola tempat umum dan transportasi yang telah menyusun standar operasonal prosedur (SOP) untuk diterapkan pada masa new normal.

Salah satu prosedur berisi pemeriksaan suhu tubuh secara berkala setiap tiga jam sekali bagi penumpang kereta api jarak jauh.

Baca Juga: Juli 2020 Sekolah Kembali Dibuka, Disdik Kabupaten Bandung Temukan 4 Masalah

“Guna memastikan kesehatan penumpang, petugas akan mengukur suhu badan penumpang di atas kereta tiap tiga jam sekali,” kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangannya di Jakarta Jumat, 29 Mei 2020 seperti dilaporkan Antara.

Jika ada penumpang memiliki suhu badan 37,3 derajat celsius atau lebih dan mengalami gejala COVID-19, maka penumpang tersebut akan dipindah ke ruang isolasi yang ada di dalam kereta.

“Bila kondisi penumpang perlu penanganan segera, kami akan menghubungi dokter atau petugas kesehatan di stasiun terdekat yang memiliki fasilitas pos kesehatan,” ujar Joni.

Baca Juga: Objek Wisata Sumedang Kompak Tutup saat Pandemi, Ratusan Pengunjung Lokal Gagal Liburan

Saat new normal, pihak KAI hanya menerima pemesanan tiket secara daring melalui aplikasi KAI Access, Web KAI, dan mitra penjualan tiket resmi KAI lainnya.

Sedangkan loket hanya difungsikan untuk pembelian go show (tiga jam sebelum jadwal Keberangkatan ).

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Antara


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X