WAW, 5 Makanan yang Tidak Boleh Dihangatkan Kembali, Nasi Ternyata Masuk Daftar Ini!

- 16 Mei 2024, 16:52 WIB
Ilustrasi: WAW, 5 Makanan yang Tidak Boleh Dihangatkan Kembali, Nasi Ternyata Masuk Daftar Ini!
Ilustrasi: WAW, 5 Makanan yang Tidak Boleh Dihangatkan Kembali, Nasi Ternyata Masuk Daftar Ini! /YouTube.com/Devina Hermawan/

BANDUNGRAYA.ID - Memanaskan makanan adalah salah satu cara praktis yang sering digunakan untuk menghemat waktu dalam menyiapkan makanan. Banyak orang memilih untuk memanaskan kembali makanan sisa daripada membuangnya. 

Tujuannya adalah untuk membuat makanan lebih awet dan bisa dimakan kembali. Biasanya, makanan tersebut disimpan di dalam kulkas dan dipanaskan keesokan harinya agar tetap lezat.

Meskipun demikian, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak dihangatkan kembali karena dapat menyebabkan risiko kesehatan atau kehilangan nilai gizi.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Peuyeum Khas Bandung yang Enak dan Legit, Wajib Dicoba Nih!

Melansir dari berbagai sumber, berikut 5 makanan yang tidak boleh dihangatkan kembali, diantaranya:

1. Bayam

Bayam merupakan salah satu sayur-sayuran hijau yang kaya akan manfaat. Bayam kaya akan nitrat yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika bayam yang sudah dimasak dihangatkan kembali hal tersebut bisa menjadi racun.

Pasalnya, nitrat bisa berubah menjadi nitrit dan kemudian menjadi nitrosamin yang bersifat karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker. Oleh karena itu, memanaskan kembali bayam bisa meningkatkan risiko kesehatan jangka panjang.

2. Seledri

Sama halnya seperti bayam, seledri juga mengandung nitrat. Memanaskan kembali makanan yang mengandung seledri bisa menghasilkan nitrosamin yang bersifat karsinogenik. Cara yang baik mengonsumsi seledri adalah dalam keadaan segar, tanpa dimasak.

Halaman:

Editor: Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah