Kini Data Penerima Bansos Corona Sumedang Bisa di Akses Melalui Aplikasi MANEUH

- 17 Mei 2020, 20:15 WIB
TANGKAPAN layar laman MANEUH.* /
PIKIRAN RAKYAT - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang memiliki laman khusus terkait bantuan sosial virus corona, MAUNEH, yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk melakukan pengecekan data penerima bantuan sosial virus corona atau Covid-19.
 
Frasa MAUNEH sendiri merupakan akronim dari Mari Update Data Agar Bansos Terarah.
 
MANEUH merupakan bentuk upaya Pemkab Sumedang dalam rangka memperbarui data terkait penyaluran bantuan sosial bagi para terdampak virus corona pada masyarakat.
 
 
 
Terbaru, Pemkab Sumedang telah meluncurkan dan mengandalkan aplikasi MAUNEH untuk melakukan pembaruan terhadap data penerima bansos.
 
Bupati Sumendang Dony Ahmad Munir menjelaskan, MAUNEH merupakan aplikasi digital yang dikembangkan dan dirancang untuk melakukan pemantauan dan transparansi data bansos yang diberikan kepada masyarakat Terdampak Covid-19.
 
Dengan demikian, warga yang berada di wilayah Sumedang bisa mengecek langsung apakah dirinya terdata atau tidak sebagai penerima bantuan sosial dari pemerintah melalui aplikasi MAUNEH.
 
 
“Karena bantuan sosial di Kabupaten Sumedang ada 7 pintu dan penyalurannya tidak berbarengan. Jadi warga bisa cek dia mendapat bantuan sosial yang mana,” ujarnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Minggu 17 Mei 2020.
 
Aplikasi MAUNEH, kata Dony, turut difungsikan sebagai alat sosialisasi agar warga tidak lagi ragu terhadap pemerintah terkait bantuan sosial selama masa pandemi virus corona.
 
Dengan aplikasi MAUNEH, warga dapat melakukan pengecekan data dan pengaduan bansos secara mandiri dan besifat realtime.
 
 
“Banyak warga yang bilang dia tidak dapat bantuan sosial atau bantuan sosial tidak tepat sasaran. Padahal dia sendiri akan dapat bantuan sosial namun dari pintu yang lain ketika temannya sudah dapat duluan misalnya,” ucap Dony.
 
Penggunaan aplikasi MAUNEH sendiri cukup mudah. Warga Sumedang yang ingin mengecek kepastian terkait bantuan sosial bisa langsung mengakses website maneuh.sumedangkab.go.id dan memasukan nomor Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau Nomor Kartu Keluarga pada kolom yang tertera.*** (Indra Kurniawan)
 

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X