Lebaran 1441 H Sebentar Lagi, Warga Sumedang Ramai-ramai Gadai Emas

- 22 Mei 2020, 08:35 WIB
PEGADAIAN.*

PIKIRAN RAKYAT - Imbas pandemi virus corona atau Covid-19 semakin terasa, terlebih bagi umat Islam yang dalam waktu dekat akan menghadapi Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Sektor ekonomi menjadi salah satu yang paling terdampak, bukan hanya bagi masyarakat di zona merah saja, tetapi juga berdampak pada masyarakat di zona biru yang kegiatan ekonominya bisa dilaksanakan 90 persen, seperti Kabupaten Sumedang.

Dikutip Pikirarakyat-bandungraya.com dari laman Humas Kabupaten Sumedang, pandemi yang beriringan dengan bulan suci Ramadhan ini membuat banyak masyarakat menggadaikan barang-barang pribadi mereka.

Baca Juga: Dentuman Suara Misterius di Bandung Disebut-sebut sebagai Skyquake, Fenomena Atmosfer Langka

Pimpinan Kantor Pegadaian Cabang Sumedang, Cahyo Nugroho mengatakan ada peningkatan transaksi gadai dari beberapa hari kebelakang menjelang Hari Raya Idulfitri 1441 H.

Peningkatan transaksi bertambah sekira lima persen, dengan mayoritas barang yang di gadai adalah perhiasan dan kendaraan bermotor.

"Minggu-minggu kemarin itu cukup banyak peningkatannya. Untuk barang yang paling banyak digadai yaitu emas, kemudian motor juga banyak," kata Cahyo.

Baca Juga: Siti Fadilah Akui Hentikan Flu Burung dengan Politik, Bukan Vaksin

Namun, dalam waktu yang bersamaan, Cahyo juga mengakui adanya peningkatan jumlah penembusan barang oleh nasabah.

Waktu penebusan memang cukup sama dengan waktu pencairan tunjangan hari raya (THR) di sejumlah perusahaan.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Humas Pemkab Sumedang


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Pikiran Rakyat Media Network

X