Hati-hati Program Cashback Tokopedia

Saya adalah pengguna Tokopedia yang sudah tahunan. Pada tanggal 4 september 2021 saya melakukan transaksi pembelian laptop di Tokopedia dari seller di Semarang seharga Rp 7.030.500 dan menggunakan voucher program cashback dengan nilai Rp241.500 dengan invoice INV/20210904/MPL/1560860856. Tanggal 7 september barang sampai dan setelah melakukan pengecekan saya konfirmasi bahwa barang telah saya terima dengan baik dengan harapan cashback segera saya dapatkan, tapi saya malah mendapatkan email dari sistem Tokopedia bahwa transaksi saya terindikasi fraud sehingga cashback saya dianulir sepihak.

Pada saat itu juga saya menyampaikan komplain kepada CS hingga akhirnya CS menyampaikan akan dilakukan investigasi, namun tidak sampai 10 menit setelah CS pertama menyampaikan akan dilakukan investigasi, saya menerima pesan dari CS lain a/n Fella dengan isi yang sama, tetapi lucunya ketika saya tanya detail mereka tidak bisa menjelaskan fraud seperti apa yang dimaksud dan tetap bersikukuh bahwa kesalahan ada di pihak saya. Sungguh investigasi terkilat yang pernah saya alami, jauh lebih cepat daripada tim Cyber Polri yang harus disekolahkan dulu di luar negeri.

Andaikan saya tidak tergiur promo cashback Tokopedia, bisa saja saya beli barang yang sama dari official store di marketplace yang berlogo merah dengan harga yg sedikit lebih murah dan lebih cepat sampai, tapi apalah daya nasi sudah menjadi bubur.

Disini saya menyarankan kepada khalayak, agar berhati-hati dan tidak tergiur oleh tawaran promo marketplace Tokopedia, apalagi untuk transaksi yang bernilai besar, bisa saja tiba-tiba cashback anda dibatalkan sepihak dengan alasan suka-suka mereka. Alih-alih mau hemat dan untung, malah buntung.

Terpopuler

Kabar Daerah

x