Keluhan dan pengaduan kepada PDAM kota Bandung

Sudah berjalan hampir 2 tahun semenjak pandemi Covid-19 dimulai, akhir 2019 air di daerah kami jalan Cikutra / Komplek Citra Green Garden mengalami masalah. Sebelumnya air mengalir dengan lancar tiap hari dan cukup deras, tetapi ketika memasuki tahun 2020, tiba-tiba kucuran airnya berhenti tidak tiap hari, tetapi 2 hari sekali dan dibatasi dari jam 7.00-13.00, tetapi masih cukup deras aliran airnya (tidak membutuhkan pompa air).

Saya cukup toleran dengan keadaan ini, pikir saya mungkin kita harus bagi-bagi air dengan daerah lain yg membutuhkan (saling membantu/mengerti). Ketika memasuki akhir tahun 2020, kucuran airnya menjadi sangat kecil tidak deras seperti dulu, kalau saya bisa katakan hampir sebesar kelingking jari tangan.

Itupun masih sama 2 hari sekali dari jam 7.00 - 13.00. Akhirnya daripada tidak dapat air sama sekali, saya terpaksa memakai pompa air. Itupun idenya saya dapatkan dari petugas PDAM yang datang ke rumah untuk melakukan cek apakah ada kebocoran atau tidak, ternyata tidak ada yang bocor pipanya.

Lalu ia menjelaskan keadaan ini terjadi karena debit air menurun (musim kemarau) di penampungan yg berakibat kecilnya air mengalir ke rumah warga. Baiklah pikir saya benar adanya, tunggu saja sampai musim hujan tiba.

Ternyata setelah memasuki musim hujan kucuran air tidak berubah sama sekali malahan tambah parah, tidak ada bedanya dengan musim kemarau, padahal Bandung saat ini sempat hujan sangat sering dan besar, lalu apakah debit airnya masih kurang?

Pernah saya coba mengadu lagi ke nomor telpon 022 7204227, jawaban yang saya terima menyarankan memakai pompa air dengan kata lain berebut dgn warga sekitar Cikutra dalam mendapatkan air, sungguh mengecewakan!

Pernah juga saya menelpon kembali ke nomor yang sama, petugas di sana dengan sigap mengatakan akan datang ke lokasi dan mengecek apa yang terjadi, karena keluhan diterima 24 jam dan akan ditangani, disaat itu petugasnya akan menutup pembicaraan, lalu saya heran kenapa dia tidak menanyakan lokasinya dimana?

Benar saja dugaan saya, tidak ada satupun petugas PDAM yang datang dan mengecek atau memperbaiki masalahnya. Beberapa hari kemudian saya coba telpon ke nomor yang sama 022 7204227, sungguh dahsyat pagi, siang dan sore tidak ada yang mengangkat.  Pernah komplain ke pengaduan PDAM via WA juga, jawabannya sama, akan disampaikan.  Adakah yang dapat menanggapi keluhan saya mengenai aliran air PDAM ini?

Terpopuler

Kabar Daerah

x