Alumni Kartu Prakerja Bisa Dapat KUR Super Mikro Hingga Rp10 Juta, Ternyata Begini Cara Daftarnya

- 9 April 2021, 07:25 WIB
Ilustrasi KUR Super Mikro untuk modal usaha bagi alumni Kartu Prakerja.
Ilustrasi KUR Super Mikro untuk modal usaha bagi alumni Kartu Prakerja. /Pixabay/EmAji

PR BANDUNGRAYA – Kabar baik bagi Anda alumni Kartu Prakerja semua golongan, sebab pemerintah telah menyiapkan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) super mikro untuk modal usaha.

Sebelumnya, Kartu Prakerja gelombang 16 sudah resmi dibuka mulai hari ini Kamis, 25 Maret 2021 dan ditutup pada Senin, 29 Maret 2021.

Program pelatihan dalam Kartu Prakerja ini dilakukan secara online, dan ditujukan untuk pekerja dan angkatan kerja terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kota Bandung Hari Ini, Jumat 9 April 2021

Untuk mendukung usaha yang telah dijalani para alumni Kartu Prakerja, pemerintah memberikan kemudahan bagi para peserta untuk mengajukan KUR super mikro yang besarnya di bawah Rp10 juta.

Melalui KUR, pemerintah berharap para alumni kartu pra kerja dapat mengembangkan usahanya dan dapat nantinya bisa mengakses program pembiayaan yang lebih besar seperti KUR mikro, KUR kecil, hingga KUR TKI.

KUR sendiri meliputi berbagai macam bentuk usaha, terutama usaha-usaha yang bergerak di bidang usaha yang produktif seperti pertanian, perindustrian, perikanan dan kelautan, kehutanan hingga usaha jasa simpan pinjam.

Baca Juga: Jadwal Acara TransTV dan Trans7 Hari Ini 9 April 2021: Ada Film Dirty Grandpa, Aksi Kakek Tengil Jebak Cucunya

“Para lulusan dari kartu pra kerja bisa ditawarkan untuk kredit usaha rakyat super mikro yang besarnya di bawah Rp10 juta,” kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat Sosialisasi Penguatan Wirausaha Alumni Program Kartu Prakerja melalui Pembiayaan KUR di Jakarta, Kamis 7 April 2021.

Bantuan dalam bentuk pinjaman ini diberikan berdasarkan survei dari Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja.

Sehingga modal menjadi tantangan utama bagi 17 persen wirausahawan alumni penerima insentif kartu pra kerja atau 387.234 alumni dan pinjaman melalui KUR bisa menjadi solusi permodalan.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Jadwal Perempat Final Piala Menpora 9-12 April 2021, Ada Duel Persib vs Persebaya

Oleh karena itu, pada 2021, pemerintah meningkatkan anggaran KUR menjadi Rp253 triliun.

Adapun berdasarkan survei dari PMO Kartu Prakerja. Anggaran yang disiapkan untuk pembiayaan KUR super mikro sebanyak 16,5 persen dari total KUR atau mencapai Rp41,8 triliun.

Berikut ini adalah cara daftar untuk mendapatkan KUR super mikro tahun 2021:

1. Memiliki usaha UMKM dalam taraf mikro

Baca Juga: Kisah Amanda Manopo dan Arya Saloka Makin Pelik di Ikatan Cinta, Ini Jadwal Acara RCTI Hari Ini 9 April 2021

2. Melengkapi dokumen pendaftaran KUR: KTP, Kartu Keluarga, Keterangan Domisili, Legalitas usaha (akta pendirian usaha), ijin usaha (SIUP, TDP), laporan keuangan dan proposal usaha

3. Mendatangi bank yang menyediakan akses untuk KUR dan jangan lupa untuk meminta informasi terkait dari penyaluran kredit.

4. Bank akan melakukan survei terhadap usaha. Jika lolos maka usaha Anda akan diberikan Kredit Usaha Rakyat dan pinjaman segera cair.***

Editor: Elfrida Chania S

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x