Harga Pertamax Naik Jadi Rp16.000 Per Liter, Bagaimana dengan Nasib Pertalite?

- 30 Maret 2022, 11:28 WIB
Harga Pertamax Naik Jadi Rp16.000 Per Liter, Bagaimana dengan Nasib Pertalite?
Harga Pertamax Naik Jadi Rp16.000 Per Liter, Bagaimana dengan Nasib Pertalite? /ANTARA/

BANDUNGRAYA.ID- Harga pertamax naik menjadi Rp16.000 per liter mulai April 2022, hal tersebut didukung oleh pernyataan dari Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerjasama Kementrian ESDM, Agung Pribadi.

Seperti yang dikutip BandungRaya.Id dari laman Antara, menurut Agung pertamax naik ke harga Rp16.000 per liter dikarenakan harga minyak pada Maret jauh lebih tinggi ketimbang Februari.

“Dengan mempertimbangkan harga minyak bulan Maret yang jauh lebih tinggi dibanding Februari, maka harga keekonomian atau batas BBM umum RON 92 bulan April 2022 akan lebih tinggi lagi dari Rp.14.526 per liter, bisa jadi sekitar Rp.16.000 per liter,” ujarnya.

Baca Juga: Harga Tiket Konser Justin Bieber Melambung Tinggi, Netizen Tuduh Selebgram dan Seleb TikTok Dalangnya

Agung menambahkan dalam hal ini pemerintah tengah mencermati terkait harga minyak tersebut, karena apabila berkepanjangan dapat berpengaruh dan membuat beban teruntuk APBN, Petamina dan sektor yang lainnya.

Harga minyak dunia hingga akhir Maret 2022 masih tinggi di atas 100 dolar AS per barel, sama halnya dengan harga minyak mentah Indonesia atau Indonesian Crude Price (ICP). Untuk sementara perkembangan ICP pada tanggal 24 Maret 2022 tercatat sebesar 114,55 dolar per barel.

Menurut Agung ada faktor yang menjadikan kenaikan harga pada minyak bumi, antara lain faktor konflik geopolitik Ukraina dengan Rusia.

Baca Juga: Gagal Rekrut Mesut Ozil, RANS Cilegon FC Resmi Rekrut Ronaldinho

Pasokan minyak mentah dari Rusia dan Kazakhstan terganggu akibat kerusakan pipa Caspian Pipeline Consortium yang menyebabkan dampak berkurangnya pasokan ke Uni Eropa.

Halaman:

Editor: Rizal Sunandar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x