CPNS, Banyak Orang Menganggur, Apa Penyediaan Lapangan Kerja Masih Kurang di Indonesia?

- 6 November 2022, 11:58 WIB
CPNS, Banyak Orang Menganggur, Apa Penyediaan Lapangan Kerja Masih Kurang di Indonesia?
CPNS, Banyak Orang Menganggur, Apa Penyediaan Lapangan Kerja Masih Kurang di Indonesia? /Pexels/Ron Lach/pexels.com

BANDUNGRAYA.ID – Menurut data dari Biro Pusat Statistik (BPS) lebih dari 59 persen pengangguran di Indonesia berusia 15-29 tahun.

Secara detail terdapat 1,13 juta jiwa pengangguran berusia 15-19 tahun, sebanyak 2,5 juta jiwa berusia 20-24 tahun, serta 1,34 juta jiwa berusia 25-29 tahun.

Sementara pengangguran yang berusia 30-39 tahun sebanyak 1,4 juta jiwa, dan yang berusia 40-49 tahun ada 1,2 juta jiwa.

Sedangkan pengangguran berusia 50-59 tahun ada 617,49 ribu jiwa, serta yang berusia di atas 60 tahun sebanyak 199,1 ribu jiwa. Jadi jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 8,4 juta jiwa.

Baca Juga: Kapan Seleksi CPNS 2023 Dimulai? BKN Sebut Belum Rencanakan Seleksi CPNS 2023, Tetapi Beri Informasi Begini

Hari ini CPNS menjadi trending topik Twitter dengan sekitar 1737 tweet. Saya menemukan akun Twitter curhatan kerja yang bernama @work*** yang memuat pengakuan sender anonim seorang cowok 25 tahun lulusan cumlaude walaupun bukan universitas ternama.

Sender cowok tersebut merasa stress karena sudah setahun menganggur. Apalagi melihat temannya yang sudah diterima kerja, itu menambah beban pikiran sender anonim tersebut. Padahal IPK sender 3,61 dan dia sudah mengikuti banyak pelatihan termasuk jago SPSS. Dia merasa berada dalam fase menyerah.

Pengakuan itu mendapat banyak komentar. Akun @wish***menyatakan usianya sudah 25 dan banyak orang menyuruhnya menyerah. Namun dia tetap keras kepala pantang menyerah. Akhirnya dia mendapat pekerjaan setelah dua setengah tahun menganggur. Cuitan akun @wish*** mendapat komentar dari akun @paus*** yang bilang merasa menambah semangat untuk tidak menyerah mencari kerja.

Sementara akun @Oxt*** berucap bahwa sender anonim itu lemah dan apa dia harus memberitahu ujian hidupnya seperti apa.

Halaman:

Editor: Raabi Ghulamin Halim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x