Cara Mudah Daftar Bansos Desember 2022, Daftar Online Cuman Pakai KTP dan KK 

- 13 Desember 2022, 13:03 WIB
Cara Mudah Daftar Bansos Desember 2022, Daftar Online Cuman Pakai KTP dan KK 
Cara Mudah Daftar Bansos Desember 2022, Daftar Online Cuman Pakai KTP dan KK  /ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho /ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
 
BANDUNGRAYA.ID - Cara daftar bansos Desember 2022, cukup menggunakan KTP dan KK saja. 
 
Memasuki bulan Desember artinya tahun 2022 akan segera berakhir. Hingga kini, pemerintah masih terus salurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM. 
 
Saat ini yang penyaluran PKH, BPNT dan BLT masih terus berlangsung, sejumlah masyarakat bergantian datang ke kantor pos untuk melakukan pencairan. 
 
Namun, meskipun penyaluran bansos PKH, BPNT dan BLT sedang bejalan saat ini, masyarakat masih bisa mendaftarkan diri untuk mendapatkan salah satu bantuan tersebut. 
 
Simak artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara daftar bansos di bulan Desember 2022 yang dilakukan secara online melalui hp. 
 
Adapun syarat pendaftaran bansos Desember 2022 ini sangat mudah, hanya perlu melakukan pendaftaran melalui aplikasi dan cukup menyediakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) saja. 
 
Kemudian sebelum mengetahui cara mendaftar bansos Desember 2022 ini, ketahui terlebih dahulu rincian nominal yang di dapat pada masing-masing bansos berikut. 
 
Bantuan PKH disalurkan untuk beberapa kategori yang berbeda diantaranya ibu hamil Rp750.000, kategori anak usia dini 0-6 tahun Rp750.000, kategori anak SD-SMA Rp1,1 juta,  kategori penyandang disabilitas berat Rp600.000, dan kategori lansia Rp600.000.
 
Kemudian untuk bansos BPNT, penerima akan disalurkan sebesar Rp600.000 per orang. Sedangkan untuk BLT akan mendapatkan sbesar Rp300.000 per orang. 
 
Selanjutnya, untuk masyarakat yang termasuk keluarga miskin atau rentan miskin dan belum mendapat bantuan sosial manapun, bisa langsung melakukan pendaftaran online dengan mengikut cara berikut;
 
1. Pastikan HP tersambung ke jaringan internet dan sinyal aman. 
2. Sediakan KTP dan KK. 
3. Instal aplikasi Cek Bansos lewat playsore. 
4. Buka aplikasi dan klik 'Buat Akun Baru'. 
5. Masukan email dan nomor HP yang aktif. 
6. Buatlah username dan password yang mudah diingat. 
7. Upload foto KTP dan swafoto pendaftar yang memegang KTP. 
8. Klik 'Buat Akun Baru'. 
9. Tunggu email masuk untuk melakukan aktivasi dan verifikasi. 
11. Setelah terverifikasi, login ke aplikasi Cek Baksos dengan akun yang dibuat. 
12. Klik fitur 'Daftar Usulan'
13. Pilih 'Tambah Usulan'
14. Masukan data diri dengan lengkap, mulai dari NIK, nomor KK dan informasi lainnya. 
15. Pilih salah satu jenis bansos yang ingin di dapat. 
16. Unggah foto KTP dan foto rumah bagian depan. 
17. Klik 'Tambah Usulan'. 
 
Setelah semua langkah dilakukan, silahkan tunggu data di proses. Kemensos akan menilai kelayakan pendaftar untuk menerima bantuan sosial (bansos) dari pemerintah. ***
 

Editor: Siti Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x