5 Makanan Oleh-oleh Khas Tasikmalaya Bikin Nagih, Jika Berkunjung Jangan Lupa Bawa Ya

- 18 April 2024, 19:44 WIB
5 Makanan Oleh-oleh Khas Tasikmalaya Bikin Nagih, Jika Berkunjung Jangan Lupa Bawa Ya
5 Makanan Oleh-oleh Khas Tasikmalaya Bikin Nagih, Jika Berkunjung Jangan Lupa Bawa Ya /Kontributor Pikiran Rakyat/Kholid/

BANDUNGRAYA.ID - Makanan khas Tasikmalaya sangat disarankan untuk dinikmati sebagai bagian dari kekayaan kuliner Jawa Barat. Citra rasa yang dihadirkan oleh makanan khas Tasikmalaya mampu memikat hati para penikmat kuliner.

Kota ini, terletak di Jawa Barat, menyimpan beragam warisan kuliner yang kaya akan tradisi dan budaya makan. Dengan keberagaman suku dan etnis yang berdiam di sana, kuliner khas Tasikmalaya menjadi representasi unik dari berbagai masakan tradisional yang menggugah selera.

Jika kamu tidak sabar untuk mencicipi kelezatan kuliner khas Kota Tasikmalaya, berikut ini daftar menu yang bisa kamu nikmati!

1. Wajit

Wajit adalah sebuah makanan khas Tasikmalaya, memiliki ukuran kecil, ringan, dan harga yang terjangkau. Terbuat dari gula aren atau gula merah, makanan ini diracik dengan beras ketan dalam proses pembuatannya yang sederhana. Gula merah dan kelapa dicampur dengan beras ketan, lalu dimasak bersamaan.

Adonan ini kemudian dimasak di atas tungku hingga matang. Selanjutnya, wajit dibentuk menjadi ukuran kecil dan dibungkus dengan daun jagung yang telah kering. Kemudian, wajit ini dijemur hingga daun jagung mengering.

2. Opak

Opak adalah makanan khas Tasikmalaya yang terbuat dari beras ketan. Rasanya gurih karena proses pembuatannya melibatkan adonan tepung tapioka yang dicampur dengan garam dan gula untuk menambah cita rasa.

Setelah semua bumbu tercampur merata, adonan Opak dibentuk menjadi lempengan-lempengan bulat yang pipih. Selanjutnya, adonan dibiarkan mengering dan dipanggang di atas tungku hingga mengembang dan menjadi renyah.

Halaman:

Editor: Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah