Dikecewakan Shopee dalam Menangani Kasus Penipuan oleh Pembeli

Saya merupakan seller di marketplace shopee, dengan olshop bernama : MIRACLESTORE. Pada bulan 21 Agustus 2021, saya menerima order via shopee berupa pembelian 2pcs kotak sepatu premium, dengan data pembeli sbb :
No order : 2108215JN77R8X.
Atas nama : Andy 6285758626***

Ternyata pembeli sudah merencanakan penipuan dengan merekayasa video unboxing, menukar isi paket dan mengembalikan barang bekas dan rusak. Caranya dengan mengajukan klaim melalui shopee bahwa barang tidak sesuai, kecil.

Singkat cerita, kita sebagai seller melakukan pengecekan berat barang yang dikirim, ternyata sudah sesuai, 2.65kg sesuai timbangan pihak ekspedisi sicepat  saat pengiriman. Lalu kita menimbang berat barang pengembalian di JNT gading serpong yang dikembalikan ternyata hanya 1.62kgs. Disini sudah kelihatan bahwa barang yang di terima tidak sesuai dengan barang yang dikirim, ada perbedaan 1kg.

Hal yang memberatkan ternyata brg yg dikembalikan beda model, beda warna, barang rusak bekas dirakit dan dibuka paksa, sehingga patah. Bukti ada di seller. Termasuk foto CCTv dari pihak JNT.

Lalu kita sebagai seller di shopee mengajukan keberatan ke pihak shopee dengan melampirkan banyak bukti. Tapi bukannya melihat dan melakukan pengecekan ke pihak JNT mengenai CCTV dan pernyataan petugas gerai, bahwa paket tidak ditimbang. Pihak shopee malah mengembalikan pembayaran pihak pembeli yang merencanakan penipuan ini. Dengan alasan tidak ada tanggapan dari pihak ekspedisi. Padahal di pembuktian saya sudah melampirkan chat dengan supervisor area JNT dari gerai tempat pembeli mengirimkan paket di Puri Mansion.

Bahkan saya sudah melampirkan nomor hp dari supervisor tersebut. Tapi pihak shopee sama sekali tidak ada langkah verifikasi sama sekali. Hanya menunggu. Padahal ini merupakan tindakan kriminal. Pihak shopee sudah melakukan pembiaran tindakan kriminal, penipuan, rekayasa video unboxing, pencurian isi paket.

Saya dengan ini meminta tanggapan  pihak shopee pusat atas kerugian dari olshop saya, kerugian waktu, perusakan reputasi olshop, serta pembiaran tindak kriminal penipuan yang dilakukan oleh pembeli tsb.

Semua bukti foto dari timbangan awal paket, foto timbangan paket saat dikembalikan, foto barang rusak yang diretur, sampai screenshoot CCTV dari pihak JNT ada di saya sebagai bahan pelaporan masalah ini ke pihak yang berwajib ke depannya.

Terima kasih.

Ike Wirasupena
08111496975

Terpopuler

Kabar Daerah

x