Alhamdulillah Kemenag Siapkan BLT dan Beasiswa untuk Ustaz dan Santri, Mulai BOS, PIP hingga Sarpras

- 20 Januari 2021, 21:19 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. /Instagram.com/@gusyaqut

PR BANDUNGRAYA – Kabar gembira bagi para ustadz dan santri, Kementerian Agama (Kemenag) mengalokasikan anggaran insentif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Ali Ramdhani besaran BLT untuk ustadz pesantren senilai Rp250 ribu. Kemudian untuk para santri ada dua jenis bantuan yang disiapkan diantaranya Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pesantren dan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk pesantren.

Untuk Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pesantren Kemenag alokasikan anggaran lebih dari Rp 12 miliar untuk 160 ribu lebih santri. Sedangkan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk pesantren alokasikan sebesar Rp145 miliar untuk membantu lebih dari 188 ribu santri.

Baca Juga: Jelang Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK, Parlemen Ingatkan Pemerintah Soal Nasib Honorer

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghofur mengatakan, ratusan ribu pesantren, MDT, dan TPQ sudah menerima BOP sejak akhir 2020.

Data per 18 Januari 2021, ada 18.286 pesantren, 55.392 MDT, dan 90.670 TPQ yang sudah menerima BOP. Selain itu, ada 13.248 lembaga pendidikan Islam yang mendapat bantuan untuk menunjang pembelajaran dalam jaringan (daring) atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Ali menyampaikan program-program afirmasi terhadap lembaga pendidikan Islam tertua dan khas Indonesia ini akan terus dilakukan bahkan ditingkatkan.

Baca Juga: Kemenkumham Cekal dan Deportasi Kristen Gray dari Indonesia Selama 6 Bulan

Program bantuan tersebut selaras dengan komitmen Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas untuk memberikan afirmasi terhadap pendidikan pesantren.

Gus Yaqut menyampaikan program ini mencakup aspek akademik, kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), bahkan bantuan untuk sarana dan prasarana.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x