BLT BPJS Ketenagakerjaan Resmi Dihentikan, Begini Kata Menaker Ida Fauziyah

- 18 Februari 2021, 06:59 WIB
Ilustrasi Kartu Prakerja: Langkah daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 tahun 2021.
Ilustrasi Kartu Prakerja: Langkah daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 tahun 2021. /ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp

PR BANDUNGRAYA – Program BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2021 resmi dihentikan, sebagai penggantinya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan fokus kepada program Kartu Prakerja, simak alasan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah berikut ini.

Sasaran utama dari BLT BPJS Ketenagakerjaan ialah para pekerja/buruh yang gajinya berada di bawah Rp5.000.000 per bulan.

Syarat lainnya bagi penerima sasaran bantuan tersebut adalah mereka yang berhak mendapatkan subsidi ini harus terdaftar dalam skema BPJS Ketenagakerjaan per Juni 2020.

Baca Juga: Mengintip Ramalan Zodiak J-Hope BTS Hari Ini: Sedang Berulang Tahun, Aquarius Bakal Dapat Banyak Uang!

Para karyawan atau pekerja yang kembali mengharapkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT BPJS Ketenagakerjaan pada 2021 sepertinya harus gigit jari, karena Kemnaker telah mengumumkan akan menghentikan pemberian bantuan BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2021.

Program bantuan subsidi upah tidak lagi mendapatkan alokasi anggaran pada APBN 2021. Program yang diluncurkan pada 27 Agustus 2020 ini dan ditujukan kepada sebanyak 15,7 juta pekerja dengan jumlah sebesar Rp600.000 per bulan untuk jangka waktu empat bulan. Sebagai gantinya, Kemnaker akan fokus pada penyelenggaraan Kartu Prakerja gelombang 12 di tahun 2021.

Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Menaker Ida Fauziyah mengatakan sampai saat ini tidak ada rencana pengadaan Bantuan Subsidi Upah (BSU) pada 2021, pemerintah akan mengandalkan program Kartu Prakerja untuk memberikan insentif bagi pekerja terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Saham Spanyol di Ambang Zona Merah, Indeks IBEX Jatuh 0,38 Persen

"Kita tidak menggunakan skema subsidi upah, tapi program Kartu Prakerja yang di situ ada insentifnya tetap dilanjutkan," kata Menaker Ida ketika ditemui media usai melakukan kunjungan di Cikarang, Jawa Barat, seperti dilansir PRBandungRaya.com dari Antara, pada Kamis, 18 Februari 2021.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x