Standar Akuntansi Keuangan yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Accounting Software

- 30 April 2022, 15:11 WIB
Ilustrasi: Standar Akuntansi Keuangan yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Accounting Software
Ilustrasi: Standar Akuntansi Keuangan yang Perlu Diperhatikan Saat Menggunakan Accounting Software /Stocksnap

BANDUNGRAYA.ID - Agar akuntansi dapat dipahami oleh semua orang dan memiliki format yang seragam, maka diperlukan standar akuntansi keuangan untuk mengatur praktik akuntansi. Setiap itu setiap perusahaan memerlukan accounting software untuk mengelola pembukuan keuangannya.

Mengenai standar akuntansi finansial bisnis, Indonesia memiliki prinsip dasar untuk mengelola berbagai jenis aktivitas pembukuan, meliputi proses pembuatan laporan keuangan, penyusunan, pencatatan transaksi, hingga penyajian data bagi si pemakai informasi keuangan.

Apa itu Standar Akuntansi Keuangan?

Standar Akuntansi Keuangan adalah sebuah metode dan format yang digunakan secara untuk menyajikan informasi laporan keuangan suatu kegiatan bisnis. Umumnya, sistem ini memiliki bentuk berupa pernyataan atau dokumen, sehingga tak jarang disingkat menjadi PSAK atau Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan. Standar ini perlu diperhatikan saat Anda membuat pembukuan melalui accounting software.

Baca Juga: Mengapa Perlu Stock Opname dan Membuat Laporan Stok Barang Gudang Melalui Aplikasi Stok Barang?

Dengan adanya standar dan accounting software ini, laporan keuangan apa pun yang dibuat, terlepas dari jenis perusahaan atau bisnis yang membuat laporan keuangan tersebut, dapat disusun secara seragam.

Sampai di sini mungkin fungsi adanya penyeragaman melalui standar ini terasa sederhana, atau bahkan mungkin sepele, tetapi justru dalam kesederhanaan tersebut ada nilai lebih yang memudahkan para pelaku usaha dalam menjalankan keuangan bisnisnya.

Sebagai contoh, karena setiap laporan keuangan yang disusun sudah diseragamkan dengan sebuah standar yang sama, pelaku usaha dapat dengan mudah membandingkan laporan keuangan dari entitas yang berbeda. Dengan demikian pelaku usaha dapat lebih mudah melakukan analisis bisnis berdasarkan laporan keuangan yang dibuat oleh beberapa entitas sekaligus.

Baca Juga: Apa itu Performance Management: Pengertian, Tujuan, dan Tahapan

Halaman:

Editor: Siti Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x