Mengenal Frugal Living di Era Resesi, Yuk Coba Atur Keuangan Ala Samuel Ray

- 5 Agustus 2023, 13:37 WIB
Mengenal Frugal Living di Era Resesi, Yuk Coba Atur Keuangan Ala Samuel Ray
Mengenal Frugal Living di Era Resesi, Yuk Coba Atur Keuangan Ala Samuel Ray /Pexels /Karolina Grabowska

 

BANDUNGRAYA.ID - Istilah Frugal Living saat ini menjadi familiar di dengar seiring dengan banyaknya orang yang menginginkan independent financial dalam hidupnya.

Frugal Living dikenalkan oleh ahli finansial, Vicki Robin dan Joe Domingues pada tahun 1992.

Konsep Frugal Living berarti sebuah gaya hidup hemat yang dijalankan seseorang seiring terjadinya resesi atau krisis ekonomi yang membuat banyak orang semakin sadar untuk menabungkan aset mereka agar terwujudnya independent financial saat masuk usia pensiun nanti.

Baca Juga: Gak Perlu Jauh-jauh ke Palembang! Inilah 5 Rekomendasi Pempek Terenak di Kota Bandung

Salah satu pelaku gaya Frugal Living yang dikenal adalah Samuel Ray yang merupakan seorang influencer, employer branding manager, dan penulis buku. 

Tujuan Samuel Ray memulai gaya hidup Frugal Living adalah untuk mendapatkan financial independence retire early atau FIRE, yaitu mendapatkan independent financial dan melakukan pensiun dini.

Dengan memulai Frugal Living ia tersadarkan bahwa untuk pensiun itu tidak perlu menunggu hingga usia senja. Bahkan jika bisa pensiun lebih dini itu menjadi lebih baik. Dan goal pensiun yang ingin dicapai Samuel Ray dan istrinya adalah pensiun di usia 35 tahun.

Adapun cara untuk memulai melakukan Frugal Living ini adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x