Mengenal Pertamax Green 92: Pengganti Pertalite yang akan Dihapus Pertamina 2024

- 31 Agustus 2023, 07:06 WIB
Mengenal Pertamax Green 92: Pengganti Pertalite yang akan Dihapus Pertamina 2024
Mengenal Pertamax Green 92: Pengganti Pertalite yang akan Dihapus Pertamina 2024 /Instagram.com/ @pertamina.

 

BANDUNGRAYA.IDPertalite akan dihapus oleh Pertamina pada tahun 2024 dan diganti dengan Pertamax Green 92.

Dalam rangka menekan gas buang dari bahan bakar kendaraan, pihak PT Pertamina (Persero) membuat kebijakan tentang penggantian bahan bakar minyak (BBM) pada tahun 2024 mendatang.

Pihaknya berencana akan menghapus bahan bakar minyak dengan oktan paling rendah RON 90 atau Pertalite, seperti yang dilansir dari PMJ News.

Nicke Widyawati, selaku Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mengatakan, bahwa Perseroan akan menaikan angka oktan dari Pertalite saat ini menjadi RON 92 melalui pencampuran dengan etanol 7 persen (E7) mulai tahun depan.

Produk baru yang akan dihasilkan dari bauran bensin dengan kandungan 7 persen turunan tetes tebu tersebut adalah Pertamax Green 92.

“Kita lanjutkan sesuai dengan recanana Program Langit Biru tahap dua, di mana BBM subsidi kita naikan dari RON 90 ke RON 92,” ujar Nicke pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII di DPR, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Nicke juga menambahkan, bahwa oktan number yang boleh dijual di Indonesia minimal 91 sesuai dengan aturan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan).

Maka dari itu, Nicke pun menegaskan, Pertamina nantinya hanya akan menjual tiga produk BBM di antaranya Pertamax 92, Pertamax 95 hasil campuran etanol 8 persen, dan Pertamax Turbo.

Halaman:

Editor: Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x