Info Harga Beras Hari Ini, Jumat 1 Maret 2024: Terpantau Turun?

- 1 Maret 2024, 12:04 WIB
Info Harga Beras Hari Ini, Jumat 1 Maret 2024: Terpantau Turun?
Info Harga Beras Hari Ini, Jumat 1 Maret 2024: Terpantau Turun? /FREEPIK/

BANDUNGRAYA.ID - Harga beras di Pasar Palabuhanratu, Sukabumi, Jawa Barat, mengalami penurunan seiring dengan peningkatan pasokan beras ke Pasar Semi-Moderen.

Menurut Kepala Unit Dinas Pasar Palabuhanratu, Uus Heriyanto, harga beras jenis medium dan premium mengalami penurunan sebesar Rp1.000/kg.

Awalnya, harga beras medium berada di Rp15 ribu/kg dan kini turun menjadi Rp14 ribu/kg, sedangkan harga beras premium turun dari Rp17 ribu/kg menjadi Rp16 ribu/kg.

Penurunan harga beras ini mulai terjadi sejak awal pekan terakhir Februari.

Beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan ini antara lain meningkatnya pasokan beras ke pasar setelah sejumlah daerah memasuki musim panen.

Selain itu, operasi Badan Urusan Logistik (Bulog) yang memasok beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) sebanyak kurang lebih 10 ton pada operasi pasar murah beras juga ikut berperan dalam penurunan harga beras.

Dengan kondisi ini, pihaknya optimistis bahwa harga beras menjelang Bulan Suci Ramadhan 1445 H akan kembali normal, yaitu untuk jenis premium berada di kisaran harga Rp14 ribu/kg dan medium Rp12 ribu/kg.

Masyarakat, terutama yang tinggal di wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya, diimbau untuk tidak panik karena pemerintah terus berupaya menekan harga beras agar kembali normal.

Di tempat yang sama, salah seorang pemilik kios beras di Pasar Semi-Moderen Palabuhanratu, Devia, menyatakan bahwa penurunan harga beras telah terjadi sejak Senin 26 Februari 2024, dengan rata-rata penurunan sebesar Rp1.000/kg.***

Editor: Resa Mutoharoh

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x