Tak Hanya Perbaiki Data Penerima, Mensos Risma Pastikan Bansos Kemensos Tahun 2021 Akan Berbeda

- 28 Desember 2020, 08:10 WIB
Petugas memotret identitas penerima bantuan sebagai tanda bukti saat penyaluran bantuan sosial (bansos) di Kantor Desa Sindangherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). Pemerintah Provinsi Jabar menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap empat senilai Rp100 ribu bagi warga yang berpenghasilan rendah, termasuk warga miskin baru akibat pandemi COVID-19, dengan total penerima bansos sebanyak 1,9 juta Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS).
Petugas memotret identitas penerima bantuan sebagai tanda bukti saat penyaluran bantuan sosial (bansos) di Kantor Desa Sindangherang, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (24/12/2020). Pemerintah Provinsi Jabar menyalurkan bantuan sosial (bansos) tahap empat senilai Rp100 ribu bagi warga yang berpenghasilan rendah, termasuk warga miskin baru akibat pandemi COVID-19, dengan total penerima bansos sebanyak 1,9 juta Keluarga Rumah Tangga Sasaran (KRTS). /ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

PR BANDUNGRAYA - Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) akan memperpanjang penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat.

Seperti yang diketahui, selain menyalurkan Bansos secara reguler, Kemensos juga menyalurkan Bansos kepada masyarakat terdampak Covid-19.

Kemensos di bawah kepemimpinan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini akan menyalurkan sejumlah Bansos tersebut pada minggu pertama di bulan Januari 2021.

Baca Juga: Sang Anak Minta Maaf ke DKM karena Ayahnya Lempar Bom Molotov, Polisi Serahkan Pelaku ke Psikiater

"Tahun depan di awal Januari juga harus tersalurkan (Bansos) supaya ekonomi bisa jalan," tutur Mensos Risma.

Namun sebelum disalurkan, Mensos Risma akan melakukan perbaikan terhadap data penerima Bansos yang selama ini merujuk pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Maka dari itu, Kemensos akan bekerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri, terutama terkait data kependudukan, serta perguruan tinggi yang ada di wilayah masing-masing.

Baca Juga: Persaingan Sengit dari Drama True Beauty, Intip 6 Alasan Kenapa Kamu Harus Berada di #TimSeojun

"Akan sangat lebih baik kalau kami melibatkan perguruan tinggi juga di dalam implementasi kami di lapangan," kata Mensos Risma dikutip dari laman Setkab.

Kendati demikian, skema penyaluran sejumlah Bansos oleh Kemensos pada tahun 2021 akan berbeda dengan tahun 2020 ini.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Sekretariat Kabinet


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x