Cara Daftar BLT Rp3 Juta untuk Ibu Rumah Tangga, Ternyata Cukup Bawa 2 Dokumen Ini

- 10 Februari 2021, 12:58 WIB
Ilustrasi BLT PKH Rp3 juta untuk ibu rumah tangga.
Ilustrasi BLT PKH Rp3 juta untuk ibu rumah tangga. /ANTARA/FB Anggoro

PR BANDUNGRAYA – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan sejumlah program Bantuan Langsung Tunai (BLT) dalam rangka membantu meringankan ekonomi masyarakat.

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program bantuan berupa BLT yang ditujukan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19, salah satunya ibu rumah tangga.

Program PKH berupa BLT menyasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan anggota keluarga yang terdiri dari ibu rumah tangga yang sedang hamil dan balita dengan rentang usia 0 hingga 6 tahun.

Baca Juga: Jaringan Pemburu Macan Dahan di Jambi Ditangkap KLHK, Ternyata Pelaku Gencar Jual Bagian Tubuh Satwa

Sementara untuk besarannya, ibu rumah tangga akan menerima BLT PKH untuk KPM sebesar Rp3 juta per tahun, dan untuk balita sebesar Rp3 juta per tahun.

"Ini diberikan setiap 3 bulan sekali, dengan tahap pertama Januari, kedua April, ketiga Juli, dan keempat Oktober," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam konferensi pers virtual pada Selasa, 29 Desember 2020.

Selain menyasar ibu hamil dan balita, BLT PKH juga diperuntukan untuk KPM dengan anggota keluarga yang terdiri dari anak sekolah, penyandang disabilitas, atau lanjut usia (lansia).

Baca Juga: Lirik Lagu BTS feat Halsey - Boy With Luv [ROMANIZATION]

Penerima BLT PKH saat ini hanya merujuk pada KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Oleh karena itu, untuk mendapatkan BLT PKH, ibu rumah tangga dapat mendaftarkan diri sebagai usulan penerima baru ke pihak desa maupun kelurahan setempat.

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah

Sumber: Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x