Ide Bisnis untuk 17 Agustusan 2023, Wajib Coba Auto Cuan!

- 2 Agustus 2023, 19:32 WIB
Ide Bisnis untuk 17 Agustusan 2023, Wajib Coba Auto Cuan!
Ide Bisnis untuk 17 Agustusan 2023, Wajib Coba Auto Cuan! /Mohamed Hassan/ Pixabay/Pixabay

BANDUNGRAYA.ID - Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, sejak saat itu setiap tanggal 17 Agustus di seluruh penjuru tanah air dan semua kalangan mulai dari Presiden hingga rakyat biasa wajib melakukan upacara Kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Selain melakukan upacara, tidak ada salahnya membuka peluang untuk mendapatkan rezeki di hari kemerdekaan. 
 
Berikut ini beberapa ide bisnis yang bisa dilakukan untuk 17 Agustus. 
 
 
1. Jualan Bendera dan Umbul-umbul
 
Hampir setiap rumah pada bulan Agustus
selalu mengibarkan bendera Merah Putih. Selain bendera, Umbul-umbul juga dipasang di sepanjang jalan.
 
Pengibaran bendera Merah putih dan Umbul-umbul yaitu sebagai wujud kecintaannya terhadap tanah air dan sebagai tanda bahwa sedang memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 
 
Dengan begitu, ide berjualan Umbul-umbul dan bendera berbagai ukuran pun cocok untuk dicoba apalagi di bulan Agustus ini. 
 
2. Jualan Hiasan bertema 17 Agustus 
 
Selain mengibarkan bendera dan memasangkan umbul-umbul, hiasan bertema 17 Agustus juga sering dipakai untuk menambah ramainya hari kemerdekaan.
 
Seperti stiker merah putih, balon dekorasi, bendera tangan, tirai foil merah putih, slinger merah putih, dan lainnnya. 
 
3. Sewa Pakaian Karnaval
 
Karnaval sering dilakukan sebelum dimulainya upacara Hari Kemerdekaan. Mulai dari anak sekolah sampai masyarakat memakai kostum unik dan ikut iring-iringan menuju lapangan upacara.
 
Contoh pakaian yang biasa dipakai karnaval yaitu baju tokoh pahlawan (Soekarno, Moch. Hatta, Jendral Soedirman, Kyai), baju profesi (polisi, dokter, pengusaha, tentara), baju tokoh film viral (Barbie, Oppenheimer, Dilan, Suzzanna), dan masih banyak lagi. 
 
4. Jualan Perlengkapan lomba 
 
Setelah upacara peringatan hari kemerdekaan, biasanya dilanjutkan dengan berbagai perlombaan.
 
Mulai dari turnamen olahraga sampai lomba-lomba khas 17 Agustus saja. Perlengkapan lomba yang bisa disediakan dan dijual diantaranya balon, kelereng, tali rafia, karung, dan lainnya. 
 
5. Jualan Hadiah Lomba
 
Untuk menambah kesenangan lomba 17 Agustusan, diperlukan hadiah agar para peserta lebih bersemangat dan kompetitif lagi untuk memenangkan perlombaan.
 
Hadiah lomba seperti piala/ trofi, peralatan sekolah (buku, pulpen, tas), peralatan masak, peralatan makan, dan lainnya. 
 
6. Jualan Makanan & Minuman
 
Berjualan makanan dan minuman memang akan selalu menjadi paling laku bahkan diluar bulan Agustus. Mulai dari pagi hari hingga malam makanan dan minuman akan selalu dicari.
 
Maka dari itu peluang untuk berjualan pada Agustusan itu besar. Contohnya jualan minuman dingin (Fanta, Coca-Cola, Pop Ice, Boba), makanan pedas (bakso, seblak, mie ayam), makanan ringan, dan lainnya. 
 
7. Even Organizer
 
Selain menjual barang, bisa juga menjual jasa. Karena tidak semua orang bisa mengadakan dan mengatur acara agar terlaksana dengan baik. Untuk itu diperlukannya Even Organizer untuk mengatur kelancaran upacara kemerdekaan atau kelancaran lomba.***

 

Editor: Resa Mutoharoh


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah