Iduladha 1441 H, Oded M Danial Serukan Umat Muslim untuk Kurban Seperti Biasa di Tengah Pandemi

- 28 Juni 2020, 19:34 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial mengimbau umat islam untuk berkurban sebagaimana biasanya saat Iduladha 1441 Hijriah meskipun kondisi sedang pandemi.*

PR BANDUNGRAYA - Jelang Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah, Wali Kota Bandung, Oded M Danial mengimbau umat muslim untuk berkurban sebagaimana biasanya walau kondisi di tengah masyarakat belum begitu kondusif karena pandemi Covid-19.

Hal itu sesuai dengan arahan Oded M Dabial kepada 40 DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) se-Kelurahan Antapani Kidul terkait ibadah Iduladha di tengah pandemi Covid-19 di Mesjid Baitul Mukmin Jalan Purwokerto, Minggu, 28 Juni 2020.

Namun demkian, dalam arahan tersebut, Oded M Danial juga meminta warga Bandung untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan saat menyembelih dan membagikan hewan kurban.

Baca Juga: Jelang Perizinan Resepsi Pernikahan di Kota Bandung, Yana Mulyana: Sebaiknya Upacara Adat Ditiadakan

"Saya mengimbau kepada semua warga Kota Bandung, DKM dan tokoh masyarakat, dalam rangka Iduladha, saat Salat Id, tetap harus dijaga protokol kesehatannya. Di masjid atau lapangan yang penting jaga jaraknya," kata Oded M Danial sebagaimana dilaporkan Humas Pemkot Bandung.

Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Oded M Danial mengatakan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan.

Seperti, membagikan daging kurban dalam bentuk kemasan atau disalurkan melalui Rumah Potong Hewan (RPH).

Baca Juga: Pertama di Jepang, Starbucks Buka Kedai Khusus Pegawai Tunarungu

"Ada juga yang menyarankan dalam bentuk makanan matang ada juga kornet. Mereka (warga) belikan kambing atau sapi, diolah oleh mereka (penyedia hewan kurban) menjadi kornet. Saya kira itu teknis, pada prinsipnya semangat berkurbannya jangan sampai hilang," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Kota Bandung, Bambang Sukardi menjelaskan, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban di tengah pandemi harus lebih hati-hati. Harus mengutamakan kebersihan dan menjaga jarak.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Humas Pemkot Bandung


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

Pikiran Rakyat Media Network

X