2021 Indonesia Siap Vaksinasi Covid-19, Prof Wiku Beberkan 2 Jenis Kerja Sama Tentukan Vaksin

- 2 Januari 2021, 06:30 WIB
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito.
Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. /Tangkapan layar YouTube/Sekretariat Presiden

PR BANDUNGRAYA – Penanganan terhadap penyebaran Covid-19 akan terus dilakukan pemerintah pada tahun 2021. Program vaksin yang sudah ditetapkan akan dilaksanakan cepat atau lambat, dengan bukti datangnya berbagai merek vaksin untuk digunakan di Indonesia.

Pemerintah memprioritaskan penyediaan dan pengiriman vaksin virus corona kepada semua orang. Langkah ini sebagai upaya memerangi pandemi Covid-19.

Wiku Adisasmito, juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, mengatakan pemerintah terus mengikuti perkembangan vaksinasi yang dilakukan di beberapa negara seperti Inggris, Amerika Serikat, dan Kanada.

Baca Juga: Habib Ja'far Al Kaff Sang Ulama Karismatik Wafat, Abubakar Assegaf: Semoga Dapat Surga Terbaik Allah

Dikutip PRBandungRaya.com dari kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat 1 Januari 2021, Wiku mengatakan, "Pemerintah akan terus mengikuti perkembangan vaksinasi yang telah dilakukan berbagai negara tersebut sebagai bahan masukan program vaksinasi nasional.”

Wiku juga mengatakan akan ada dua jalur kerjasama dalam penetapan calon vaksin Covid-19, berdasarkan pernyataan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Pertama, hasil kerjasama bilateral atau multilateral dan pengembangan vaksin Merah Putih. Vaksin Merah Putih merupakan hasil kerjasama perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia.

Baca Juga: Update Corona Kota Bandung per 1 Januari 2021, Kecamatan Andir Masih Jadi yang Tertinggi

Rencananya, pada triwulan pertama 2021, PT Bio Farma akan menerima vaksin Merah Putih untuk diuji klinis dan praklinis serta akan mendapat izin untuk diedarkan setelahnya.

Kemudian dalam rencana kerjasama bilateral dan multilateral, antara lain hasil vaksin Sinovac dengan negara Tiongkok, Novavax, dan Pfizer dengan Amerika Serikat, AstraZeneca dan beberapa negara.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: YouTube Sekertariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x