Harga Cabai Lagi-lagi Naik Saingi Daging, Rawit Capai Rp90.000 per Kilogram, Begini Penjelasan Kementan

- 2 Februari 2021, 17:17 WIB
Ilustrasi cabai merah.
Ilustrasi cabai merah. /Free-Photos/PIXABAY

PR BANDUNGRAYA - Harga cabai dan bawang merah di Tanah Air kerap mengalami fluktuasi harga. Harganya pun bisa menyamai harga daging sapi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri menyampaikan bahwa saat ini cabai merah sedang mengalami kenaikan harga.

“Yang masih bertahan tinggi cabai rawit merah, masih pedas di angka Rp85.000-90.000 per kilogram. Komoditas lain masih relatif normal stoknya ada seperti daging ayam, telur masih relatif normal,” kata Abdullah sebagaimana dikutip PRBandungRaya.com dari PMJ News, Selasa 2 Februari 2021.

Baca Juga: Update Corona Indonesia Hari Ini Selasa 2 Februari 2021: Penambahan Kasus Harian Berkurang Jadi 10.379 Pasien

Menurut Abdullah kenaikan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pasokan cabai yang menurun dari petani.

Para petani tidak memproduksi atau menanam cabai karena takut gagal panen dan menghindari jatuhnya harga yang menyebabkan kerugian dari sisi petani.

Namun, pihak Kementerian Pertanian berkata lain. Menurut Kementan fluktuasi harga tersebut lebih disebabkan karena karakteristik dari cabai tersebut.

Baca Juga: Soal Dugaan Pelanggaran Hukum Rekening FPI, Bareskrim Adakan Gelar Perkara

Cabai merupakan salah satu komoditi yang mudah rusak akan sangat dipengaruhi oleh musim dan penyimpanannya.

Daya tahan cabai segar hanya berkisar satu sampai tiga hari. Semakin rendah kesegarannya, maka akan semakin jatuh harganya.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: PMJ News Kementan RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x