Insentif Nakes Covid-19 Tak Jadi Dipotong 50 Persen, Ini Kabar Baik dari Kementerian Keuangan

- 4 Februari 2021, 20:15 WIB
Ilustrasi tenaga kesehatan (nakes) Covid-19.
Ilustrasi tenaga kesehatan (nakes) Covid-19. /Unplash/Bofu Shaw/

PR BANDUNGRAYA - Sempat ramai rumor soal pemangkasan insentif tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas menangani pasien Covid-19, kini pihak Kementerian Kesehatan ungkap kepastian yang sebenarnya.

Sebelumnya, dikabarkan bahwa anggaran bidang kesehatan tahun 2021 dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) senilai Rp169 triliun, namun saat ini Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan pihak Kemenkeu akan menambah anggaran jadi sekira Rp254 triliun.

Sebagaimana dilaporkan Antara, Sekretaris Jenderal Kemenkeu Oscar Primadi memastikan bahwa insentif nakes Covid-19 tidak akan dipangkas. Di tahun 2021 ini Pemerintah akan terus memberikan insentif bagi para garda terdepan.

Baca Juga: Duh! Partai Demokrat Diobok-obok, Surat 'Cinta' AHY ke Presiden Jokowi 'Dicuekin' Pihak Istana

"Setiap fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia yang menangani Covid-19 itu yang kita berikan, di semua tempat punya hak yang sama. Di semua daerah asal fasyankesnya memberikan pelayanan Covid-19 kita berikan tunjangan pada tenaga kesehatan kita," kata Oscar, Kamis 4 Februari 2021.

Oscar mengatakan bahwa insentif ini juga bisa didapatkan oleh dokter yang mengikuti Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Hal ini terbukti pada 2020, Kemenkeu telah memberikan insentif pada total 13.886 dokter PPDS.

"Bahkan insentif untuk tenaga kesehatan PPDS pun kita bayarkan," kata Oscar.

Baca Juga: Pengumuman Bagi Siswa SMA! Registrasi LTMPT Diperpanjang, Yuk Segera Buat Akun Seleksi SNMPTN

Sepanjang 2020, Kemenkeu telah menggelontorkan dana Rp9 triliun untuk dialokasikan pada insentif nakes Covid-19.

Oscar mengatakan sebanyak Rp4,71 triliun telah dibayarkan untuk tenaga kesehatan di pusat, sementara sisanya dibayarkan untuk tenaga kesehatan di berbagai daerah di Indonesia.***

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x