Wacana Kemensos Hapus Bansos dengan Uang Tunai Mulai 2021, Bagaimana Pencairan BLT Rp300 Ribu Besok?

- 3 Januari 2021, 19:43 WIB
Ilustrasi transaksi digital: Kemensos berniat mengganti penyaluran Bansos BST atau BLT dari uang tunai menjadi sistem transaksi elektronik.
Ilustrasi transaksi digital: Kemensos berniat mengganti penyaluran Bansos BST atau BLT dari uang tunai menjadi sistem transaksi elektronik. /ANTARA/Sigid Kurniawan

PR BANDUNGRAYA – Pemerintah akan melanjutkan sejumlah Bantuan Sosial (Bansos), termasuk Bantuan Sosial Tunai (BST) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) di tahun 2021.

Melalui Kemensos, pemerintah akan menyalurkan Bansos berupa BST atau BST kepada 18 juta keluarga mulai Senin besok, 4 Januari 2021.

Kendati demikian, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau yang akrab disapa Risma sebelumnya pernah mengatakan bahwa dirinya berniat menghentikan penyaluran Bansos berupa BST atau BLT dengan uang tunai.

Baca Juga: Airlangga Hartarto Ungkap Dukungan kepada Pasar Modal Indonesia Makin Menguat

Dilansir PRBandungRaya.com dari konferensi pers virtual Sekretariat Presiden, Mensos Risma memaparkan bahwa penyaluran Bansos berupa BST atau BLT di tahun 2021 tidak akan dilakukan dalam bentuk uang tunai melainkan melalui transaksi elektronik.

"Tidak akan ada lagi (Bansos) cash atau tunai dalam bentuk apapun, tapi kami akan menggunakan semua transaksi secara elektronik," tutur Mensos Risma.

Dengan begitu, Bansos berupa BST atau BLT akan disalurkan kepada penerima dengan sistem transaksi elektronik dalam bentuk tabungan ke rekening penerima.

Baca Juga: Aktris Fanny Fabriana dan Sekeluarga Positif Covid-19, Ini Gejala yang Dirasakannya

Lantas bagaimana proses penyaluran Bansos berupa BST atau BLT yang akan dimulai Senin besok, 4 Januari 2021?

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah

Sumber: Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x