7 Bansos Ini Segera Disalurkan di Tahun 2021, Jokowi Siapkan Anggaran hingga Rp372 Triliun

- 26 Januari 2021, 09:10 WIB
Ilustrasi bansos dari pemerintah.
Ilustrasi bansos dari pemerintah. /ANTARA/Yusuf Nugroho

PR BANDUNGRAYA - Presiden Jokowi atau Jokowi mengatakan pemerintah akan melanjutkan sejumlah program Bantuan Sosial (Bansos) untuk mendongkrak daya beli dan konsumsi masyarakat.

Bansos merupakan bagian dari program perlindungan sosial, dan diharapkan dapat membantu memulihkan ekonomi nasional yang terdampak akibat merebaknya pandemi Covid-19.

"Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp372,3 triliun untuk mendongkrak daya beli dan konsumsi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Presiden Jokowi saat berpidato secara virtual dalam sidang MPL-PGI pada Senin, 25 Januari 2021.

Baca Juga: Daftar 10 Kecamatan dengan Kasus Covid-19 Tertinggi di Kota Bandung: Warga Antapani dan Buahbatu Waspada!

Presiden Jokowi menuturkan, pemerintah memutuskan untuk melanjutkan tujuh program Bansos di tahun 2021.

Di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Program Kartu Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), Kartu Prakerja, dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa.

Selain itu, kata Jokowi, pemerintah akan memberikan Bansos berupa insentif bagi tenaga kesehatan sebagai bentuk apresiasi.

Baca Juga: 5 Manajer Chelsea Ini Punya Masa Bakti Tersingkat sejak Era Roman Abramovich, Salah Satunya Maurizio Sarri

Lebih lanjut, pemerintah juga akan memberikan Bansos berupa insentif modal untuk pelaku usaha mikro berupa Bantuan Modal bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (BPUM).

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan tiga program Bansos sejak 4 Januari 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Bayu Nurullah

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x