Uang Insentif Kartu Prakerja Belum Cair? Ternyata Ini Jadwal Baru Pencairannya

- 21 Desember 2020, 20:48 WIB
Ilustrasi program Kartu Prakerja.
Ilustrasi program Kartu Prakerja. /ANTARA/Aditya Pradana Putra

PR BANDUNGRAYA – Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan program pengembangan kompetensi berupa pelatihan kerja secara online dengan Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja merupakan program yang ditujukan untuk pencari pekerja, pekerja yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dan pekerja yang ingin meningkatkan keahlian kompetensi kerja.

Program Kartu Prakerja menyediakan 1.663 pelatihan kerja dari 150 lembaga, dengan beberapa di antaranya meliputi penjualan dan pemasaran, manajemen, keuangan, bahasa asing, dan sebagainya.

Baca Juga: Dipanggil Polisi Gegara Mimpi Rasul, Fadli Zon ke Haikal Hassan: Lain Kali Tak Perlu Bilang-bilang

Dengan begitu, penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan biaya pelatihan sebesar Rp1.000.000, yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan kerja tersebut.

Tak hanya itu, penerima Kartu Prakerja juga akan mendapatkan insentif sebesar Rp3.550.000 yang diberikan per bulan selama empat bulan.

Insentif tersebut meliputi penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000, serta insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Baca Juga: Belum Lolos Kartu Prakerja? Perhatikan Sejumlah Syarat Ini Agar Lolos di Gelombang 12

Lebih lanjut, insentif tersebut hanya akan dibayarkan setelah penerima Kartu Prakerja menyelesaikan minimal satu pelatihan kerja secara online.

Sebagai informasi, pemerintah diketahui telah menyalurkan insentif Kartu Prakerja kepada sebagian besar penerima di bulan Desember 2020.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah