3 Bansos Program Perlindungan Sosial Bakal Segera Disalurkan di Tahun 2021, Apa Saja?

- 7 Februari 2021, 11:01 WIB
Petugas PT Pos Indonesia (Persero) memotret data warga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) saat pembagian di Kantor Kelurahan Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/1/2021). Pemerintah Kota Solo mulai menyalurkan BST dari Kementerian Sosial tahap X atau Januari 2021 sebesar Rp300 ribu kepada warganya yang kurang mampu setelah sebelumnya tertunda karena Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj.
Petugas PT Pos Indonesia (Persero) memotret data warga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) saat pembagian di Kantor Kelurahan Manahan, Solo, Jawa Tengah, Selasa (26/1/2021). Pemerintah Kota Solo mulai menyalurkan BST dari Kementerian Sosial tahap X atau Januari 2021 sebesar Rp300 ribu kepada warganya yang kurang mampu setelah sebelumnya tertunda karena Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/wsj. /Mohammad Ayudha/ANTARA FOTO

PR BANDUNGRAYA – Pemerintah menyalurkan sejumlah Bantuan Sosial (Bansos) yang diperuntukan untuk masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), penyaluran Bansos juga merupakan bagian dari program perlindungan sosial.

Tiga program Bansos yang menjadi prioritas Kemensos pada tahun 2021 yakni Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sembako, dan Bantuan Sosial Tunai (BST) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta Hari Ini 7 Februari, Reyna Bahagia Lihat Drama Aldebaran dan Andin

"Tahun ini kita meluncurkan tiga program perlindungan sosial (Bansos) untuk tahap kedua," kata Staf Ahli Menteri Sosial dan Anggota Komite PEN Sonny W Manalu dalam dialog virtual Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) pada Rabu, 3 Februari 2021.

Adapun untuk anggaran Bansos, Sonny mengungkapkan bahwa Kemensos telah menganggarkan dana sebesar Rp45 triliun untuk Bantuan Sembako.

"Kemensos menganggarkan Rp45 triliun untuk Bantuan Sembako, bekerjasama dengan bank himbara dan PT Pos," tutur dia.

Baca Juga: Kartu Prakerja Naik Dua Kali Lipat di Tahun 2021, Berapa Besaran Uang Insentifnya?

Sementara anggaran untuk Bansos lainnya, Kemensos menganggarkan Rp12 triliun untuk BST dan Rp20 triliun untuk Bansos PKH.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Kemkominfo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah