Siap-siap Program Kartu Prakerja Gelombang 12 Kembali Dibuka, Intip Besaran Insentif yang Bakal Masuk Rekening

- 13 Februari 2021, 06:38 WIB
Ilustrasi kartu prakerja gelombang 12.
Ilustrasi kartu prakerja gelombang 12. /Prakerja.go.id

PR BANDUNGRAYA - Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) akan kembali membuka Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 tahun 2021. Simak syarat dan cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 12 serta besaran dana bantuan.

Pihak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sudah mengkonfirmasi kebenaran soal berita ini dengan meluncurkan kelanjutan Program Pemulihan Ekonomi Negara (PEN) dalam bentuk APBN 2021 yang juga dipakai untuk mendanai jaminan sosial Kartu Prakerja pada tahun 2021.

Hal ini didukung pula oleh pernyataan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziah, yang menyampaikan bahwa Kemnaker akan lebih fokus pada program Kartu Prakerja Gelombang 12 tahun di tahun 2021 untuk memberikan insentif bagi pekerja terdampak pandemi Covid-19.

Baca Juga: Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta 2021 Dikabarkan Kembali Dibuka, Simak Persyaratan dan Cara Pendaftaran Banpres

Ida Fauziyah mengatakan lebih fokus pada Kartu Prakerja karena program BSU BPJS Ketenagakerjaan 2021 resmi dihilangkan.

Kemnaker akan mengandalkan program Kartu Prakerja untuk memberikan insentif bagi pekerja terdampak pandemi Covid-19. Alokasi dana yang diberikan terhadap Kartu Prakerja juga cukup besar, yakni sekitar Rp20 triliun.

"Subsidi upah di APBD 2021 sampai sekarang memang tidak dialokasikan, karena kita konsentrasi pada program Kartu Prakerja," kata Menaker Ida sebagaimana dilansir PRBandungRaya.com dari Antara, pada Sabtu, 13 Februari 2021.

Baca Juga: BMKG Catat 2 Kali Gempa di Wilayah Berbeda yang Terjadi di Tahun Baru Imlek, Kekuatan hingga 4,8 Magnitudo

 

Diketahui bahwa pada tahun 2020, anggaran Kartu Prakerja dari pemerintah pusat sebesar Rp20 triliun sedangkan untuk tahun 2021, pemerintah hanya memberikan anggaran Kartu Prakerja sebesar Rp10 triliun saja.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah