Kabar Baik! 11 Tahap Penyaluran Bansos BST Rp300 Ribu Sudah Rampung, Segera Cek dtks.kemensos.go.id

- 9 Maret 2021, 17:15 WIB
PT Pos Indonesia sudah menyalurkan BST Rp300 ribu hingga 11 tahapan. Simak cara cek penerima Bansos di dtks.kemensos.go.id.*
PT Pos Indonesia sudah menyalurkan BST Rp300 ribu hingga 11 tahapan. Simak cara cek penerima Bansos di dtks.kemensos.go.id.* /ANTARA/Yudhi Mahatma

PR BANDUNGRAYA - Dalam rangka mempercepat Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai (BST).

Adapun untuk sasaran penerimanya, bansos BST sebesar Rp300 ribu ini menyasar Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Berdasarkan laporan dari PT Pos Indonesia (Persero), bansos BST sudah disalurkan pada 9,4 juta KPM di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baca Juga: Siap-siap! BST Rp300 Ribu Tahap 3 Cair Maret 2021, Simak Cara Daftar dan Persyaratannya

Untuk diketahui, bansos BST Rp300 ribu merupakan upaya pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

PT Pos Indonesia sebagai lembaga penyalur resmi BST Rp300 ribu telah menyalurkan dana senilai Rp34,7 triliun untuk program bansos tersebut.

Lebih lanjut, pemerintah melalui PT Pos Indonesia sudah menggulirkan bansos BST Rp300 ribu ini sejak awal pandemi Covid-19.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Prediksi Liga Champions: Borussia Dortmund vs Sevilla, Tumbang Saat Hadapi Munchen

"Total Bantuan sosial tunai yang sudah digulirkan sebesar Rp34,7 triliun untuk 94,6 juta penerima bantuan sampai dengan saat ini. Persentasi penyaluran BST secara keseluruhan mencapai 99 persen," kata Ketua Tim Pelaksana Penyaluran BST PT Pos Indonesia (Persero) Haris seperti dilansir dari PRBandungRaya.com dari Antara.

Sebagai mitra Kementerian Sosial, PT Pos Indonesia hingga saat ini sudah melaksanakan 11 tahap penyaluran BST Rp300 ribu. Pada tahap ketiga tahun 2021 penyaluran BST, PT Pos Indonesia tetap melakukan penyesuaian data yang yang dimiliki Kemensos.

Sebagai informasi tambahan, program bansos BST Rp300 ribu di tahun 2021 ini hanya akan disalurkan selama empat bulan, terhitung mulai dari Januari hingga April mendatang.

Baca Juga: Info Terbaru CPNS 2021: Mulai dari Formasi, Dokumen Wajib hingga Cara Pilih Instansi

Untuk mengetahui apakah menjadi penerima bansos BST Rp300 ribu dari Kemensos, bisa cek langsung ke situs https://dtks.kemensos.go.id.

1. Buka situs dtks.kemensos.go.id

2. Pilih ID Kepesertaan DTKS

3. Masukkan nomor kepesertaan ID yang dipilih dalam DTKS

4. Isi nama sesuai ID yang dipilih dalam DTKS

5. Kemudian, Isi kode captcha dalam kotak yang tertera

6. Klik Cari

Baca Juga: Targetkan KBM Tatap Muka Digelar Juni 2021, Disdik Kota Bandung Siapkan 3 Skenario

Jika Anda mendapat informasi bahwa telah menjadi penerima bansos tunai BST Rp300 ribu, maka segera melakukan pencairan melalui ATM dengan rekening bank Himbara seperti bank Mandiri, BRI, BNI, dan BTN.

Selain itu, proses pencairan bansos BST Rp300 ribu juga bisa juga dilakukan di e-warong dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Namun bila nama Anda belum terdaftar, perlu diketahui tidak semua masyarakat akan menerima bansos BST Rp300 ribu.

Pasalnya, bansos ini hanya diberikan kepada para KPM PKH yang telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.***

Editor: Elfrida Chania S

Sumber: Kemensos ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x