Wacana Kemensos Ganti Bansos Uang Tunai dengan Digital, Bagaimana Pencairan BLT Rp300 Ribu Hari Ini?

- 4 Januari 2021, 10:37 WIB
Ilustrasi transaksi digital: Kemensos berencana akan mengubah skema penyaluran Bansos menjadi transaksi elektronik atau digital.
Ilustrasi transaksi digital: Kemensos berencana akan mengubah skema penyaluran Bansos menjadi transaksi elektronik atau digital. /ANTARA/Wahyu Putro A

PR BANDUNGRAYA - Pemerintah berupaya membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 dengan melanjutkan beberapa program Bantuan Sosial (Bansos) di tahun 2021.

Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Bansos Sembako senilai Rp200 ribu, Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp300 ribu, dan Bansos untuk Program Keluarga Harapan (PKH) akan segera disalurkan.

Bansos Sembako, BLT, dan Bansos untuk PKH ini akan disalurkan secara serentak kepada penerima di seluruh Indonesia mulai hari ini Senin, 4 Januari 2021.

Baca Juga: Doa Michael Yukinobu de Fretes Sebelum Jalani Pemeriksaan Bersama Gisel: Aku Berserah Diri

Dilansir dari konferensi pers virtual Sekretariat Presiden, Mensos Risma pernah mengatakan pencairan Bansos BLT di tahun 2021 tidak akan dilakukan dalam bentuk uang tunai.

Lebih lanjut, Mensos Risma pernah memaparkan skema penyaluran Bansos BLT di tahun 2021 akan dilakukan melalui transaksi elektronik atau digital.

"Tidak akan ada lagi (Bansos BLT) cash atau tunai dalam bentuk apapun, tapi kami akan menggunakan semua transaksi secara elektronik," tutur Mensos Risma.

Baca Juga: Optimis Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 5,5 persen, Ini Strategi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang

Skema baru penyaluran Bansos BLT ini dinilai merupakan respons terhadap kasus korupsi yang melibatkan pejabat di Kemensos.

Seperti yang diketahui, mantan Mensos Julari P Batubara bersama dua pejabat Kemensos lainnya pernah terlibat dalam kasus korupsi Bansos.

Halaman:

Editor: Fitri Nursaniyah

Sumber: Youtube Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah