Daftar Bansos Cair di Tahun 2021, Mulai dari BLT hingga Token Listrik Gratis

- 6 Februari 2021, 11:06 WIB
Seorang petugas memotret warga yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (8/1/2021). Kantor Pos Gorontalo akan menyalurkan BST program Kementerian Sosial sebesar Rp300 ribu kepada 60.253 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di lima kabupaten dan satu kota di Gorontalo. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/foc.
Seorang petugas memotret warga yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos, Kota Gorontalo, Gorontalo, Jumat (8/1/2021). Kantor Pos Gorontalo akan menyalurkan BST program Kementerian Sosial sebesar Rp300 ribu kepada 60.253 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di lima kabupaten dan satu kota di Gorontalo. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/foc. /Adiwinata Solihin/ANTARAFOTO

PR BANDUNGRAYA - Pemerintah melanjutkan sejumlah program Bantuan Sosial (Bansos) sebagai upaya untuk memulihkan ekonomi nasional.

Selain itu, penyaluran program Bansos ini merupakan bagian dari pelaksanaan program perlindungan sosial akibat merebaknya pandemi Covid-19.

Maka untuk merealisasikan program Bansos, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp372,3 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia (APBN) 2021.

Baca Juga: Sempat Minus 2,44 Persen di Tahun 2020 Akibat Covid-19, BPS Jabar: Namun Triwulan IV Sudah Ada Tren Positif

"Pemerintah telah menyiapkan anggaran sebesar Rp372,3 triliun untuk mendongkrak daya beli dan konsumsi masyarakat, serta mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Presiden Jokowi saat berpidato secara virtual dalam sidang MPL-PGI pada Senin, 25 Januari 2021.

Adapun 7 program Bansos yang akan disalurkan di tahun 2021, di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos Sembako, Kartu Prakerja, Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Bantuan Sosial Tunai (BST).

Lebih lanjut, ada pula bantuan berupa Kuota Internet Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), serta Token Listrik Gratis dan Diskon Listrik untuk pelanggan PLN dengan daya 450 VA dan 900 VA Bersubsidi.

Baca Juga: Heboh Kabar Kudeta di Partai Demokrat, Begini Tanggapan dari Pengamat Politik, Mensesneg: Dinamika Internal

Sebelumnya, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah menyalurkan tiga program Bansos sejak 4 Januari 2021 lalu.

Halaman:

Editor: Yuni

Sumber: Sekretariat Presiden


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah